18 manfaat daun kelor yang wajib anda ketahui

Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Kelor adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat, dapat berumur panjang, bisa berbunga sepanjang tahun,serta tahan kondisi panas ekstrim. Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan ternyata memilik 18 manfaat yang tidak kalah dengan tanaman herbal lainnya.

sekarang ini tanaman daun kelor paling banyak dicari,karena khasiat dan manfaatnya sangat besar, kemudian cara pengolahannya untuk perawatan kesehatan dan obat-obatab herbal juga sangat mudah dan sederhana. manfaat yang besar dimiliki daun kelor hingga mencapai lebih dari 18 manfaat.

berikut 18 manfaat daun kelor yang wajib anda ketahui

1. Kaya akan antioksidan
Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. karena Kadar radikal bebas yang jika terlalu tinggi berada dalam tubuh , bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti diabetes melitus tipe 2, hingga penyakit jantung.

2. meningkatkan imun tubuh
karena kandungannya yang besar serta vitaminnya yang lengkap, maka daun kelor juga merupakan salah satu tanaman herbal yang mampu meningkatkan imun tubuh dan menjaga kekebalan tubuh dari berbagai penyakit dan virus.

3. mencegah virus corona
ekstrak daun kelor juga dapat mencegah virus corona menyerang tubuh, karena kandungan didalamnya yang dapat meningkatkan imun sehingga tubuh menjadi kebal terhadap serangan berbagai virus. maka daun kelor dianggap bisa mencegah virus corona berkembang didalam tubuh, bahkan dipercaya mampu membunuh virus tersebut.

4. Memberikan nutrisi untuk tubuh
Daun kelor adalah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. karena setiap 20 gram daun kelor yang telah dipotong-potong, terkandung nutrisi sebagai berikut:
– Protein: 2 gram
– Vitamin B6: 19% dari rekomendasi konsumsi harian
– Vitamin C: 12% dari rekomendasi konsumsi harian
– Zat besi: 11% dari rekomendasi konsumsi harian
– Riboflavin (vitamin B2): 11% dari rekomendasi konsumsi harian
– Vitamin A: 9% dari rekomendasi konsumsi harian
– Magnesium: 8% dari rekomendasi konsumsi harian

5. Membantu menurunkan kadar gula darah
Daun kelor juga disebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sehingga mampu mencegah penyakit diabetes. serta juga di yakini bisa menyembuhkannya dalam pengkonsumsian yang rutin.

6. Melindungi tubuh dari keracunan arsen
Pada penelitian yang dilakukan di hewan uji, daun kelor disebut dapat melindungi tubuh dari racun arsenik, yang tidak jarang bisa masuk ke tubuh melalui kontaminasi makanan dan air.

7. Membantu mengatasi kanker
Manfaat daun kelor juga bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini membuat daun kelor juga berguna dalam membantu kemoterapi lebih efektif untuk penyakit kangker.

8. Membantu meredakan peradangan
Daun kelor mengandung isotiosianat, yang merupakan zat antiperadangan. Sehingga, tumbuhan ini dipercaya dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi di tubuh.

9. Menurunkan kolesterol
paling utama pada khasiat daun kelor ini dan yang menjadi paling dicari adalah khasiat dun kelor yang bisa menurunkan kolesterol.

10. Baik untuk daya ingat/cmencegah kepikunan
Kandungan antioksidan serta zat-zat kimia yang ada dalam daun kelor, dipercaya dapat meredakan stres dan peradangan di otak. Hal ini membuatnya baik untuk meningkatkan daya ingat.

11. Baik untuk jantung
Ekstrak daun kelor, disebut berpotensi mengatasi dislipidemia, salah satu jenis penyakit jantung akibat naiknya kadar kolesterol serta trigliserida di tubuh.

12. Mencegah anemia
zat besi yang cukup tinggi di dalam daun kelor membuatnya dipercaya dapat membantu mencegah anemia. Meski begitu, penelitian lebih jauh masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat daun kelor ini.

13. Berpotensi mengatasi infeksi bakteri
Ekstrak daun kelor, juga dipercaya dapat membantu meredakan infeksi yang terjadi akibat bakteri. Pasalnya, tanaman ini mengandung bahan yang bersifat antimikrobial, sehingga mampu memusnahkan bakteri, terutama bakteri berjenis gram positif.

14. Dipercaya baik untuk wanita menopause
Daun kelor yang dikonsumsi dalam bentuk bubuk, dipercaya dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan pada wanita yang telah mengalami menopause.

15. Baik untuk anak yang malnutrisi
Salah satu manfaat daun kelor yang belum banyak diketahui adalah kemampuannya dalam membantu meningkatkan berat badan pada anak-anak dengan malnutrisi. Manfaat ini bisa didapat dengan mengonsumsi bubuk kelor selama dua bulan secara teratur.

16. mengancangkan kulit wajah
daun kelor yang dibuat masker dapat mengencangkan kulit wajah, sehingga menghilangkan keriput, flek hitam dan menghilangkan jerawat. sehingga wajah menjadi semakin berseri, bersih dan terlihat awet muda.

17. untuk mengobati sakit perut
khasiat daun kelor berikutnya adalah mampu menghilangkan sakit perut, pada jaman dahulu orang tua akan menyuruh anaknya yang sakit perut untuk memakai daun kelor yang di selipkan di celana agar menempel di perut. ternyata hal ini dapat menyembuhkan sakit perut dengan cepat.

18. mencegah penuaan dini
penggunaan daun kelor yang rutin baik untuk di buat teh atau untuk masker ternyata dapat menjaga tubuh segar dan bugar sehingga terlihat lebih muda kembali.

demikian 18 khasiat daun kelor yang mesti anda ketahui, namun begitu jangan digunakan untuk anak-anak, mengingat belum adanya penelitian untuk di konsumsi bagi anak-anak. meski pada dasarnya tumbuhan herbal namun tetap harus berhati-hati.

Leave a Reply