arti sangkan paraning dumadi

mungkin anda pernah mendengar istilah dalam filosofi kejawen yaitu “sangkan paraning dumadi” apa arti dari kalimat tersebut. mari simak penjelasan dari saya ini. berasal dari bahasa jawa kuno yang berarti sangkan adalah rumah atau asal muasal, kemudian paraning adalah tujuan, sedangkan dumadi artinya menjadi. jadi sangkan paraning dumadi artinya asal muasal manusia dan tujuan manusia yang kembali ke asal.

kita sebagai manusia harus selalu ingat akan asal diri kita sebagai manusia yang diciptakan oleh Sang Maha Kuasa, dan kita juga akan mati untuk kembali ke Sang Maha pencipta. istilah sangkan paraning dumadi sebenarnya sebuah pedoman atau pegangan hidup yang di berikan dari para leluhur agar para anak cucunya senantiasa selalu mengingat darimana manusia berasal, sehingga bisa berpegang pada jalan yang benar.selalu mengingat Allah SWT.

sangkan paranaing dumadi juga menjadi salah satu wasiat sebuah pesan yang sangat penting dalam menata jati diri kehidupan manusia, agar tidak liar dan salah dalam bertindak. karena sesungguhnya manusia itu bukan apa-apa, dan ketika dia hidup berusahalah untuk selalu berbuat baik. agar kelak jika mati bisa membawa pahala untuk menghadap kepada Sang Pencipta Alam Semesta.

oleh karena itu istilah kejawen sangkan paraning dumadi, begitu melekat pada masyarakat tanah jawa, karena pesan ini selalu di berikan oleh orang tua kepada anak-anaknya agar senantiasa menjaga kebaikan dan mengingat dari mana manusia berasal dan diciptakan. yang arti sebenarnya adalah sebagai mahluk ciptaan maka harus mengingat Allah sang Maha Pencipta manusia dan alam seisinya.

Leave a Reply