asal-usul hantu banaspati

Bagi anda yang tinggal di tanah jawa tentu akan mengenal atau pernah mendengar hantu banaspati. jika anda bertanya-tanya apa itu hantu banaspati dan ciri-cirinya bagaimana? maka akan saya kupas melalui asal-usul hantu banas pati. hantu banaspati berasal dari bangsa jin yang sering menampakan diri pada manusia, namun juga bisa dipelihara untuk keprluan tertentu seperti santet dan teluh atau untuk mengganggu orang lain.

istilah Banaspati adalah sebutan untuk sejenis hantu yang memiliki wujud seperti api yang menyala dan berelemen utama api. bentuknya bisa berwujud menyerupai bola api dan juga bisa seperti manusia yang sedang terbakar dan juga ada yang mengatakan seperti tengorak api seperti pada film ghos rider, atau ada juga api yang berbentuk angin yang berpusar.

menurut mitos orang dahulu, Hantu ini biasanya terbang rendah dari satu tempat ke yang tempat lain dan suka terlihat melintas diatas rumah dengan berwujud seperti bola api. konon dikabarkan juga, hantu ini senang menyerang manusia dan membakarnya. hantu ini berasal dari kepercayaan masyarakat tanah jawa dan dikenal dari mulut-kemulut dan turun-temurun hingga sekarang.

selain dilihat dari bentuk penampakannya ternyata ada 3 jenis hantu banas pati yang sering di ceritakan orang dan menjadi misteri hingga saat ini, diantaranya:

1. Banaspati geni
Banaspati geni (api) adalah banaspati yang bersenyawa dengan udara. Maka, udara adalah sumber kekuatan utamanya. Apabila seseorang bertemu dengan banaspati geni dan dia takut, maka semakin dia merasa takut semaki besar pula kekuatan banaspati geni dengan menagambil energi udara di antara orang yang takut untuk membuatnya menjadi api yang berkobar-kobar dan tidak segan-segan menyerang dan mengejar apabila orang tersebut berlari untuk menghindar karena ketakutan.

2. Banaspati tanah liat
konon Banaspati jenis ini suka bersembunyi di hutan dan dikabarkan juga senang memangsa korbannya dengan cara menghisap darahnya sampai habis. Korban yang diincar adalah orang-orang yang tidak menapakkan tubuhnya dengan tanah atau tidak langsung bersentuhan dengan bumi karena memakai alas kaki, olehkarena itu menurut mitos jika anda menjumpai banaspati ini cara untuk menyelamatkan diri adalah dengan melepaskan alaskaki kemudian menapak ditanah langsung dan berdiri dengan diam.

3. Banaspati air
Jenis banaspati air/ banyu ini menaklukkan targetnya yang sedang berada di dalam air. Dengan cara seolah korban tenggelam di dalam air. Padahal sejatinya korban telah lebih dulu dihabisi darahnya sebelum akhirnya ditenggelamkan oleh banaspati banyu.

untuk kelemahan banaspati sendiri, konon berdasarkan sesepuh jaman dahulu mengatakan bahwa bansapati tidak bisa mendekati orang yang bersentuhan dengan tanah secara langsung, selain itu juga orang yang hafal bacaan ayat kursi dan rajin beribadah.

Leave a Reply