asal usul hantu banyu

hantu banyu bersal dari kata banyu yang berarti air, dan merupakan cerita rakyat atau legenda. dimulai dari kepercayaan masyarakat dahulu di dekat sungai musi, tentang adanya keberadaan hantu banyu yang di anggap sebagaipenunggu sungai Musi. atau lebih dikenal Lieh Durga alias hantu banyu.

asal usul keberadaan hantu banyu bermula dari seorang pemuda yang bernama Rebang Ringkih untuk meminta bantuan kepada lieh durga agar membantunya, yakni membunuh para penjajah yang telah menguasai seluruh desa lembang. tujuannya agar masyarakat selamat dan juga ada niat dibalik itu yakni menyelamatkan gadis yang dicintainya yaitu raden ayu pinang pindih yang merupakan anak tetuah adat di desa lembang.

perjanjian antara rebang ringgih dan lieh durga terjadi dengan syarat, setelah dendamnya terbalaskan rebang harus ikut bersamanya menjaga sungai musi, rebang menyanggupi syarat tersebut, hingga terbunuhlah para penjajah itu dan rebang pergi meninggalkan desa bersama lieh durga. Namun Raden Ayu ternyata mengetahui kepergainnya dan tidak rela rebang berkorban sendirian, kemudian ia sendiri mengorbankan dirinya menjadi TERATAI SUNGAI MUSI dan menghiasi setiap sisinya. sejak saat itu cerita hantu banyu dimulai dan turun temurun.

konon sering ada nelayan yang melihat penampakan hantu banyu tersebut, namu tidak mengganggu atau mencelakainya, kecuali ada yang berusaha mencemari sungai tersebut atau mengganggu ketenangan hantu banyu maka akan di tenggelamkan.

namun ada versi lain yang mengatakan bahwa Hantu Banyu adalah hantu yang suka mengganggu dan mencelakai manusia berwujud seperti tikar yang terendam di dalam air. Hantu ini biasanya menggulung manusia yang berenang dan menenggelamkannya hingga hilang ditelan air. Kadang-kadang ada juga yangmenggambarkan sebagai sosok makhluk seperti labi-labi. selain di sungai, hantu ini juga terkadang muncul di danau. konon menurut warga setempat, apabila suatu perairan didiami hantu banyu, maka air di permukaannya terasa hangat. Tapi di dalamnya, air tetap dingin. untuk menenggelakan orang rambutnya yang panjang dan mirip sotong, mampu membuat sebuah perahu terbalik dan karam.

Leave a Reply