asal-usul hantu begu ganjang

seperti yang kita ketahui bahwa manusia hidup di bumi tidaklah sendirian, ada hal-hal gaib yang selalu berdampingan di sisi kita, seperti halnya hantu. tiap tiap negara memiliki kepercayaan tentang hantu sendiri-sendiri, di Indonesia juga memiliki beragam mitos tentang makhluk halus. Bahkan tiap lokasi biasanya memiliki hantu yang khas sesuai daerah masing-masing. sedangkan kepercayaan tentang adanya mahluk gaib tersebut tidak dapat tersingkir oleh kemajuan zaman.

apabila tanah Jawa memiliki beberapa hantu yang sering dibicarakan orang seperti pocong, kuntilanak dan genderuwo, maka di Sumatera juga memiliki makhluk mistis tersendiri. yang dinamakan Begu Ganjang, yang konon menurut mitos jaman dahulu begu ganjang adalah sejenis mahluk gaib yang sering membantu manusia karena dapat disuruh untuk menjaga rumah dan pertanian atau peternakan. namun karena keserakahan manusia di jadikan pesuruh untuk mendapatkan kekayaan dangan jalan pintas. jika anda penasaran mengenai begu ganjang ini, saya akan memberikan sedikit defenisi tentang hantu begu ganjang,seperti apa sosok begu Ganjang tersebut sebenarnya?

1. Apa itu Begu Ganjang?
begu ganjang adalah sosok penjelmaan mahluk gaib, yang konon sering menampakan diri dengan wujud yang sangat menyeramkan. begu sendiri diambil dari is/ roh, sedangkan ganjang iki makna panjang. jadi nama begu ganjang di berikan kepada sosok yangerwujud panjang/ tinggi. meskipun menurut mitos bahwa mahluk ini dulunya dekat dengan manusia karena dapat disuruh untuk menjaga pemiliknya. namun karena perlakuan serta keserakahan manusia sehingga orang menganggapnya sebagai hantu yang paling ditakuti, mengingat apabila ada yang di beri penampakan akan mengalami sakit hingga meninggal.

2. jenis-jenis begu ganjang
ternyata hantu begu ganjang tidak hanya satu jenis, berdasarkan penampakan dan mitos masyarakat sumatera bahwa ada beberapa jenis hantu begu ganjang diantarannya jenis Sombaon, Solobean, Silan, dan Begu Ganjang. Dari semua jenis hantu tersebut, Begu Ganjang adalah yang paling ditakuti. Hal itu dikarenakan kepercayaan masyarakat pada sosok begu ganjang yang konon dipelihara bukan untuk menjaga melainkan untuk membunuh atau mencelakakan orang lain.

3. Wujud Begu Ganjang
Begu Ganjang diceritakan sebagai sosok gaib yang memiliki wujud sangat mengerikan. Konon, ia memiliki tubuh yang tinggi besar. Rambutnya panjang dengan wajah yang seram. Bahkan, menurut mitos/ legenda yang diceritakan bahwa semakin tingkatannya tinggi mahluk tersebut semakin besar dan tinggi serta memiliki lidah yang panjang hampir menyentuh tanah.hantu ini suka bertengger di atas pohon-pohon besar dan tinggi.

4. Memelihara Begu Ganjang
Menurut mitos, makhluk mistis Begu Ganjang dapat dipelihara warga. pada awalnya dahulu mereka digunakan sebagai penjaga pertanian dan perkebunan dari aksi pencurian. namun karena keserakahan manusia sehingga dijadikan pesuruh untuk mencari harta kekayaan dengan jalan sesat, berbeda dengan tuyul yang id suruh untuk mencuri, begu ganjang dapat mendatangkan penglaris dan kekayaan namun sering meminta tumbal nyawa manusia, selain itu juga dapat digunakan untuk mencelakakan orang sama halnya dengan ilmu santet yang ada di tanah jawa.

5. asal-usul begu ganjang
berdasarkan mitos yang beredar dikalangan masyarakat sumatera bahwa Begu Ganjang berasal dari arwah bayi yang yang meninggal. Sebelum tujuh hari, organ bayi tersebut dicuri oleh dukun hitam yang kemudian di bangkitkan kembali dengan ilmu hitamnya menjadi Begu Ganjang. Hingga saat ini, mitos keberadaan begu ganjang membuat ketakutan masyarakat. Bahkan, masyarakat di era modern ini masih kerap melakukan ritual pengusiran makhluk halus dengan memanggil dukun yang dipercaya memiliki kekuatan supranatural.

Leave a Reply