asal usul hantu kasuraga

mungkin bagi masyarakat jawa sudah tidak heran tentang nama kasuraga. nama kasuraga dalam bahasa indonesia keranda mayat berasal dari bahasa jawa yang berarti kasur artinya tempat tidur dan raga adalah tubuh tanpa roh (orang mati), baerarti kasur raga adalah tempat yang digunakan untuk membawa orang mati ke kuburan dalam bahasa indonesianya keranda. kasuraga ada yang terbuat dari bambu, kayu dan ada juga yang terbuat dari besi.

konon berdasarkan cerita misteri dari masyarakat jawa bahwa ada hantu yang menyerupai keranda terbang yang disebut hantu kasuraga. kasuraga tersebut melayang-layang di udara tanpa ada yang mengangkatnya.

ada yang mengatakan bahwa keranda yang biasa buat membawa orang mati dikampung tersebut telah di huni oleh mahluk halus atau roh yang bersemayam, sehingga sesekali membawanya pergi dengan melayang-layang diudara sehingga di beri nama hantu keranda terbang. ada juga yang mengatakan bahwa hantu kasuraga adalah murni penjelmaan mahluk gaib yang menjelma seperti keranda mayat.

mitos tentang hantu kasuraga sudah ada sejak jaman dahulu kala, ketika manusia mulai menggunakan keranda untuk mengantarkan jasadnya keliang lahat.

Leave a Reply