asal usul hantu kuntilanak

apabila anda pernah membaca hantu kuntilanak berasal dari sebutan pontianak, mungkin saya orang pertama yang tidak setuju. karena menurut hasil survey saya berdasarkan cerita-cerita rakyat di tanah jawa baik dari para sesepuh maupun paranormal yang ada bahwasannya kuntilanak tidak ada hubungannya dengan pontianak apalagi jika dikaitkan dengan nama kota di kalimantan, meskipun dilihat dari penampakan dan keadaaannya sama yakni digambarkan sebagai hantu perempuan yang sedang hamil.

berdasarkan jelajah misteri sandekala.com bahwa nama kuntilanak berasal dari 2 suku kata yaitu “kunti” dari bahasa jawa yang berarti hantu perempuan dan “anak”. karena menurut mitos rakyat bahwasannya hantu tersebut adalah jelamaan dari arwah seorang perempuan yang meninggal ketika sedang melahirkan atau sedang dalam masa hamil tua. dalam wujud hantunya kadang sedang menggendong anak kecil ada juga yang bilang sedang dalam keadaan perut besar (hamil). digambarkan wanita berambut panjang hingga menutupi mukanya dan berpakaian gaun panjang serba putih ini suka bertengger di puhon-pohon yang tinggi. selain penampakannya yang membuat takut orang juga yang paling seram dan membuat orang ketakutan adalah suara tertawannya yang mengekek” hi,,,hi….hi….” dengan nada tinggi hingga seperti menusuk telinga.

ada juga versi lain yang mengatakan bahwa kuntilanak adalah wanita korban pembunuhan saat meninggal posisinya sedang hamil, sehingga arwahnya selalu penasaran mencari si pembunuhnya dengan dendamnya tersebut maka sering mengganggu para warga yang berjalan sendirian di kegelapan malam, selain itu juga suka menculik anak bayi karena dia ingin anaknya yang dibawa mati mendapat teman. konon hantu kuntilanak paling takut dengan benda tajam seperti jarum, paku, gunting dan peniti. oleh karena itu di tanah jawa apabila memiliki anak kecil/ bayi hendaklah menaruh barang2 tersebut di smaping bayi agar tidak didatangi kuntilanak dan pada saat ditinggal sendirian tidak diambil/ diculik hantu tersebut.

menurut para kyai dan paranormal bahwa untuk menangkap hantu kuntilanak maka cukup menancapkan paku pada bagian ubun2nya. dengan begitu kuntilanak tidak dapat kembali ke alamnya dan apabila sampai tterkena matahari maka tubuhnya akan terbakar dan menghilang selamanya.

Leave a Reply