asal usul hantu lelepah

nama atau sebutan hantu lelepah berasal dari daerah jawa tengah, lelepah berarti lele mentah atau ikan mentah, hal tersebut dikaitkan dengan kebiasaan hantu yang suka makan ikan mentah. hantu ini ramai dibicarkan di sungai progo pada jaman dahulu dan sekarang sudah hampir seluruh daerah mengenal sebutan hantu lelepah ini. penampakan hantu lelepah menurut pengakuan warga yang pernah dijumpai adalah berwujud seperti manusia dngan tubuh yang besar dan tinggi serta berambut panjang, kebiasaan muncul di sekitar sungai.

ada dua versi yang berbeda dengan keberadaan hantu lelepah ini, versi pertama mengatakan bahwa hantu lelepah suka memakan daging manusia, jadi apabila ada seseorang yang berada disungai sendirian dan didatangi hantu lelepah, maka tidak segan-segan hantu tersebut akan membunuh manusia dan memakan dagingnya hingga tidak tersisa. namun versi yang kedua berbeda karena sebaliknya hantu lelepah tidaklah jahat bahkan suka menolong dan bisa membantu untuk pesugihan, konon hantu lelepah suka muncul di sekitar sungai yang sepi dan suka menemuin orang yang sedang memancing, kabarnya jika ada orang yang didatangi hantu lelepah dan menjawab sapaannya maka orang yang memancing tersebut akan mendapat ikan dalam jumlah yang banyak.

pernah ada sebuah cerita nyata dari warga sekitar sungai progo yang pernah melihat sosok penampakan hantu lelepah, saat itu warga tersebut sendirian sedang memancing, ketika waktu sudah sore hendak pulang tiba-tiba ada seorang kakek-kakek duduk diatas batu dan hendak memancing juga. karena penasaran warga tersebut menghampiri dan bertanya hari sudah sore kenapa baru memancing? sosok kake tersebut hanya diam dan hanya bicara kalau mumpung ikannya lagi banyak. karena mendengar hal tersebut maka warga tersebut pun ikutan memancing tak jauh dari sosok kakek tadi, ternyata benar juga yang disampaikan bahwa setiap melemparkan mata pancing selalu dimakan ikan seperti ikan kelaparan. namun ketika sedang asyik-asyiknya menarik ikan di kail, tiba-tiba kepalanya menoleh kearah kakek tadi dan terperanjat kaget karena tanpa permisi kakek tersebut hilang, tidak ada suara dan tidak ada pesan apa-apa. karena ketakutan warga tadi pingsan, setelah bangun ternyata sudah di rumahnya sendiri. berdasarkan pengakuan tetangganya kalau dia tertidur di sungai, kemudian warga kampung mencarinya dan mendapati di pinggir sungai sedang tidur lalu di angkat dibawa pulang kerumahnya.

hingga saat ini keberadaan hantu lelepah masih menjadi misteri, dan sebuah cerita dongeng yang turun-temurun dari jaman dulu hingga sekarang.

Leave a Reply