asal usul hantu moto sak tampah

kepercayaan masyarakat indonesia terhadap dunia mistis memang masih sangat kental, penamaan atau julukan hantu yang perpatokan pada sosok penjelamaan yang dilihat saat penampakan. salah satunya yakni hantu moto sak tampah ( matanya sebesar alat penampih padi yang terbuat dari bambu).

mengenai asal usul hantu moto sak tampah ini adalah berasal dari cerita masyarakat di tanah jawa khususnya jawa tengah (mengingat dari bahasa penamaan adalah bahasa jawa). sosok mahluk gaib ini wujudnya menyerupai manusia dengan mata yang lebar dan merah sperti api. biasanya suka menampakan diri di area jalan yang sepi dan jembatan-jembatan tua.

menurut mitos apabila kita berjumpa dengan hantu tersebut sebaiknya langsung lari atau menghindar. karena jika menatap matanya yang lebar tersebut bisa-bisa terhipnotis dan akan mengikuti kemauan hantu tersebut untuk terjun dari jembatan yang tinggi atau jika berkendara menabrakan ke pembatas atau pohon yang berada di samping jalan.

cerita hantu ini sudah ada sejak jaman dahulu kala, berdasarkan cerita masyarakat asal dari hantu sak tampah adalah penjelmaan dari seorang yang meninggal karena mati dijalan sehingga mereka lebih suka menjadi penunggu jalan yang sepi.

untuk menghindari penampakan hantu seperti moto sak tampah, pesan dari orang tua dan sesepuh agar menghidupkan klakson ketika melintasi jembatan dan menyalakan dim lampu jauh sebagai isyarat permisi kepada penghuni jalanan tersebut.

Leave a Reply