asal usul hantu muka rata

Berdasarkan informasi jelajah misteri tema sandekala, mendapatkan tentang informasi hantu yang sering di bicarakan masyarakat tanah jawa, yaitu hantu muka rata. hantu ini berasal dari cerita masyarakat tanah jawa khususnya daerah jawa barat dan jakarta. dinamakan hantu muka rata karena memiliki wajah yang rata tidak ada mata, hidung dan mulu, semua rata seperti halnya papan kayu.

hantu jenis ini adalah sosok penjelmaan dari mahluk gaib namun dipercaya sebagai arwah manusia yang meninggal secara sadis, baik dibunuh atau karena kecelakaan. hantu ini juga sering menampakan dirinya seperti halnya manusai , tujuannya hanyalah untuk menakut-nakuti saja tidak ada niat membunuh, kecuali orang yang di liatin berlari dan mengalami kecelakaan.

banyak masyarakat mengatakan bahwa hantu ini suka menampakan diri menjadi pedagang keliling pada malam hari dan biasanya mangkal di jalan-jalan sepi, seperti pedagang sate, ketoprak atau gorengan. ketika ada seorang pembeli yang hendak membeli dan menanyakan tentang berang dagangannya atau harganya, maka penjualnya akan memalngkan mukanya menghadap kepembeli, sehingga orang yang membeli begitu melihat muka penjualnya rata tidak seperti lazimnya manusia lalu lari ketakutan. hanya sebatas itulah penampakan hantu muka rata karena tidak akan mengejar hanya menakut-nakuti.

cerita hantu muka rata ini juga pernah diangkat ke dalam sebuah film televisi. referensi tentang keberadaan hantu dan cerita hantu tersebut berdasarkan dari cerita-cerita masyarakat setempat yang mengaku pernah melihatnya juga.

Leave a Reply