asal usul hantu palasik

Kali ini jelajah misteri sandekala akan mengunggkap asal usul dari hantu palasik yang sering kita dengar dan bahkan pernah diangkat kedalam sebuah film layar lebar. hantu yang di beri nama palasik ini adalah legenda yang datang dari masyarakat minangkabau. cerita dari mulut kemulut yang hingga saat ini masih menjadi miseteri.

konon bahwasannya yang dinamakan palasik adalah bukan sejenis hantu ataupun mahluk gaib, akan tetapi seseorang yang memiliki ilmu hitang tingkat tinggi, dia sudah mengabdikan dirinya untuk jin, setan dan iblis. sehingga kekuatannya menyamai mahluk gaib. karena memiliki ilmu hitam maka disebut sebagai sosok yang jahat. dan berdasarkan cerita rakyat minang kabau bahwasannya sosok hantu palasik ini suka memakan bayi baik yang masih dalam kandungan maupun yang sudah diluar atau yang ada di dalam kubur.

konon di ceritakan juga penampakan hantu palasik adalah sesosok yang tidak normal kadang berwujud manusia tanpa kepala dan juga ada yang bilang hanya kepala saja yang terbang mencari mangsanya. hantu ini sangat ditakuti kaum ibu-ibu apalagi yang sedang dalam masa mengandung/ hamil.

berdasarkan mitos bahwasannya palasik bukanlah hantu melainkan manusia yang telah menganut ilmu hitam maka, sejatinya awalnya mereka adalah manusia biasa namun karena ilmu tersebut dapat turun- temurun ke anak cucunya maka generasi berikutnya akan menjadi palasik atau hantu palasik. tentang benar atau tidaknya, hingga saat masih dianggap misteri masyarakat minangkabau. untuk menghindarinya mereka selalu berhati-hati dan tidak berani keluar rumah saat sandekala, karena saat tersebutlah hantu palasik berkeliaran.

Leave a Reply