asal usul hantu pirau asal jambi

salah satu jenis mahluk yang menjadi buah bibir di daerah sumatera khususnya jambi adalah pirau. menurut mitos dan kepercayaan masyarakat setempat bahwa pirau sebenernya bukanlah jenis hantu yang berasal dari alam gaib, melainkan sesosok manusia berubah menjadi kerdil mirip kera karena gagal menuntut ilmu. versi lain juga mengatakan bahwasannya hantu pirau adalah manusia hutan yang bentuknya pendek menyerupaki kera namun pada bagian telapak kaki terbalik. sehingga jika menemukan jejaknya dan hendak menikuti maka harus ikuti jejaknya dengan mundur, karena menurut cerita rakyat jambi tumitnya ada di depan.

hantu pirau juga tidak suka mengagnggu manusia apa lagi mencelakai manusia, selain karena sifatnya yang pemalu dan suka bersembunyi pirau juga memakan tumbuh-tumbuhan daw hewan, jadi kalau ada orang yang mengatakan hantu pirau pemangsa manusia itu adalah cerita yang ditambah-tambahin saja. meskipun tidak suka menganggu atau menyakiti namun purau malah justru suka jahil dan usil, hal ini juga dikatakan oleh salah satu warga yang pernah dijahilin oleh hantu pirau saat membuat jebakan hewan di dalam hutan. meskipun tidak mengganggu namun pada umumnya keberadaan hantu ini sering membuat takut warga jambi yang kadang kemunculan dan penampakannya tiba-tiba dan dengan bentuk tubuh yang tidak lazim.

hantu pirau suka dengan mainan anak-anak dan gemar memainkan suara-suara nyaring, oleh karena itu menurut mitos jika anda hendak melihat hantu ini cukup membawa mainan anak -anak dan memutar suara rekaman anak -anak yang sedang bermain. hal ii akan dikira bahwa ada anak-anak sedang bermain di hutan, si pirau juga menganggap bahwa anak-anak adalah teman mereka mengingat ukurannya yang kecil sehingga sama jenisnya.

Leave a Reply