asal usul hantu pocong

Pocong adalah sejenis hantu yang suka menampakan diri dengan wujud seperti orang meninggal yang hendak di kubur yakni terbungkus kain kafan yang terikat dan lusuh dengan raut muka seperti muka orang yang sudah lama terkubur kulit membiru ada yang mengelupas dan mata merah. cara ia berjalan juga melompat-lompat, hal ini dikarenakan pada bagian kai terikat oleh ikatan kain kafan sehingga tidak bisa melangkahkan kaiknya.

menurut mitos cerita rakyat bahwa hantu pocong adalah arwah orang yang meninggal karena tali pcongnya lupa dilepas ketika di masukan kedalam liang lahat. oleh karena itu arwahnya gentayangan mencari seseorang untuk menolong membukakan tali pocong yang ada di bagian kepalanya. tujuan menampakan diri selain untuk melepas tali ikatan kepala juga sering menakuti orang di area yang gelap dan sepi. meskipun tidak ada maksud melukai atau mencelakai manusia akan tetapi apabila yang ditakuti dalam pengaruh ketakutan yang besar maka bisa berakibat fatal.

hantu pocong ini juga pernah diangkat kedalam sebuah film yang di perankan artis-artis indonesia. dan hantu pocong ini merupakan nama hantu yang sangat firal dan sering didengar oleh masyarakat. karena hampir seluruh nusantara mempercayai adanya pocongan tersebut.

hantu pocong ini tergolong sebagai hantu pemalu, karena tidak pernah mengeluarkan suara dan juga sukanya mengikuti orang dari belakangnya. ada dua jenis hantu pocong yaitu pocong laki-laki dan pocong perempuan. namun yang paling sering di ceritakan adalah pocong laki-laki.

Leave a Reply