asal usul mitos dan contohnya

Pada jaman dahulu di wilayah nusantara, masyarakat memegang amanah dari sebuah kepercayaan yang di jadikan dasar untuk tuntunan dan aturan hidup, karena kala itu belum ada undang-undang tertulis. undang-undang dan aturan adat/ hukum adat yang menjadi mitos sama-sama memiliki efek apabila dilanggar, hanya perbedaannya. apabila undang-undang akibat dari pelanggarannya adalah hukuman penjara, sedangkan apabila melanggar aturan kepercayaan akan di kaitkan pada kehidupan kedepan, dengan berbagai istilah seperti kualat, karma, naas dan pengapesan.

meskipun efek/ akibat dari melanggar aturan kepercayaan tersebut bersifat fiksi, akan tetapi masyarakat jaman dahulu sangat mematuhi. hal ini dikarenakan munculnya rasa takut dan khawatir akan apa yang terjadi dikemudian hari, ditambah lagi hubungannya antara manusia dengan hal gaib, sang pencipta dan dewa-dewa yang dipercaya saat itu. hingga saat ini hal tersebut di namakan mitos.

mitos bukanlah sebuah aturan, melaikan anggapan atau cerita yang dibuat tentang suatu hal dan dikaitkan dengan kejadian yang kebenarannya masih diragukan. contoh mitos antara lain:

1. mitos tentang perilaku manusia
– mitos makan di depan pintu
– mitos kencing sembarangan
– mitos pantangan orang hamil
– dll

2. mitos tentang suatu tempat
– mitos legenda danau toba
– mitos malin kundang
– mitos gunung tangkuban perahu
-dll

3. mitos tentang makanan dan hewan
– mitos buah pisang
– mitos daging ayam
– mitos ikan
-dll

dari contoh mitos diatas tentu kita bisa mengambil kesimpulan tentang pengertian mitos, bahwasannya mitos adalah sebuah cerita yang didukung dengan unsur nasehat, aturan dan sebab akibat.

Leave a Reply