asal usul mitos jurig jarian

Kali ni team jelajah misteri dari sandekala akan mengungkap tentang asal usul mitos jurig jarian yang berasal dari daerah suku sunda atau jawa barat. indonesia memang sangat kental dengan duni mistis, sehingga mitos-mitos berbagai mahluk gaib sangat beragam tiap daerahnya. salah satunya adalah jurig jarian, apa dan siapa sebenarnya jurig jarian itu, silahkan simak penjelasan saya dibawah ini.

jurig jarian yang konon sebagai penghuni tempat sampah yang berwujud mengerikan dan seram ini merupakan salah satu kisah makhluk tidak kasat mata yang terdapat di tanah jawa. Jurig merupakan sebuah kata dari bahasa sunda yang memiliki arti hantu dan jarian memiliki arti sebagai sampah. jadi arti jurig jarian adalah hantu penunggu tempat sampah. menurut Masyarakat daerah sunda bahwa kemunculan hantu ini pada waktu sore hari hingga malam, sehingga masyarakat sunda pada zaman dahulu selalu menghindari agar tidak membuang sampah pada waktu tersebut.

mengenai sosok jelmaan atau wujud asli hantu ini masih menjadi perdebatan dunia misteri karena sebenarnya dari hantu jurig-jarian ini sampai saat ini masih simpang siur. Ada sebagian masyarakat yang mengatakan bahwa hantu penghuni tempat sampah ini memiliki wujud anak kecil yang berkepala botak. Akan tetapi ada versi lain yang mengatakan bahwa makhluk gaib penunggu tempat sampah ini memiliki wujud seperti perempuan dengan rambut panjang yang terburai seperti hantu kuntilanak.

Leave a Reply