asal usul orang pote

Hantu orang pote atau lebih dikenal dengan sebutan oreng pote adalah berasal dari pulau bawean, yang terletak sebelah selatan pulau jawa. disebut hantu pote karena berdasarkan mitos penampakannya seperti orang pada umumnya namun seluruth badannya berwarna putih pucat seperti orang meninggal.

bawean merupakan salah satu pulau yang dianggap pulau mistis, karena menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan. konon apabila ada kemunculan hantu orang pote ini akan membawa mala petaka bagi kampung tersebut, oleh karena itu jika salah satu warga melihatnya tentu akan melapor ke tetua suku bawean agar dilaksanakan acara selamatan kampung.

meskipun hantu bawean ini namanya kurang populer ditanah jawa akan tetapi asal usul orang pote ini terus menjadi jejak misteri yang di buru para penjelajah dunia mistik. hantu yang selain menakutkan juga di kabarkan membawa dampak buruk ini sangat di takuti oleh warga bawean, oleh karena itu mereka selalu berharap dan berdoa agar tidak di tampakin sosok hantu tersebut.

mengenai asal usul yang masih simpang siur, bahwa hantu orang pote ini adalah salah satu penjajah asing pada jaman penjajahan yang dahulu masuk ke perkampungan bawean kemudian disiksa hingga meninggal. oleh karena itu penampakannya di percayai membawa hawa dendam terhadap masyarakat bawean.

Leave a Reply