asal usul sosok rengtua malem

Sosok rengtua malam yang berasal dari cerita rakyat madura tidak hanya untuk untuk hantu saja. asal nama Reng Tua Malem adalah dari bahasa daerah Madura yang jika diartikan memiliki makna Orang Tua Malam. konon nama tersebut di gunakan untuk menyebut sosok penampakan orang tua yang memakai peci dan sedang merokok menggunakan pakaian aat madura, namun penampakan itu samar-samar hanya asap dan bara api rokoknya saja yang terlihat jelas.

Menurut berbagai sumber yang di dapat dari masyarakat madura bahwa Reng Tua Malem adalah hasil praktek dari ilmu hitam yang dilakukan oleh penduduk setempat. namun ada dua versi berbeda. Yang pertama mengatakan bahwa Reng Tua Malem adalah sosok dari seorang yang memiliki ilmu hitam yang berubah wujud ketika masuk waktu malam dan konon sedang mencari tumbal saat ia berkeliling.

Sementara versi yang kedua mengatakan jika Reng Tua Malem adalah efek dari ilmu hitam, yang tidak lagi digunakan oleh sang majikan, sehingga dibuang dan keluyuran di jalan-jalan untuk menemukan majikannya.

menurut mitosnya Reng Tua Malem Bisa Memberi Kesaktian dan kekayaan kepada sang pemiliknya, meskipun bergelar hantu yang menyeramkan, namun banyak di buru dan dicari oleh masyarakat madura karena manfaatnya. legenda yang beredar tentang kesaktian sosok Reng Tua Malem. apabila barang siapa mampu memegang rokok yang sedang di hisap rengtua malem tersebut maka akan di beri kesaktian yang mandraguna.

Leave a Reply