Asal usul tuyul

Nama sebutan untuk tuyul berasal dari bahasa jawa yakni thuyul yang biasanya di pakai untuk sebuatan anak kecil dengan kepala botak. asal usul nama tuyul berasal dari pulau jawa dan berdasarkan cerita-cerita masyarakat tanah jawa. berdasarkan analisad dan kepercayaan masyarakat bahwasannya tuyul adalah sesosok mahluk gaib yang berwujud kerdil seperti anak-anak dengan kepala botak dan memiliki struktur kulit kebiru-biruan.

sedangkan menurut kajian agama bahwa tuyul merupakan mahluk dari golongan jin iprit yang diturunkan kebumi untuk berkomunitas dengan bangsanya. karena menurut ceritanya bahwa tuyul memiliki peradaban seperti manusia, memiliki kampung, keluarga dan keturunan. dan yang membuat tuyul terkenal adalah bahwasannya tuyul bisa dipelihara oleh manusia untuk tujuan-tujuan pesugihan seperti mencuri uang.

konon bahwasannya orang yang memelihara tuyul (majikan) harus bisa memberi makan agar tuyul mau dipekerjakan. minuman kesukaan tuyul adalah air susu yang langsung dari perempuan. dan dikabarkan bahwa tuyul seperti anak kecil yang suka menyusu asi. orang yang memeliharanya biasanya berkeinginan untuk menjadi kaya dengan cara instan dan bantuan tuyul.

sedangkan berdasarkan mitos lainnya mengatakan bahwa tuyul merupakan jelmaan arwah anak kecil yang meninggal masih dalam kandungan.kemudian menjadi sesosok tuyul untuk membantu kebutuhan manusia.

konon untuk menangkal tuyul agar tidak mencuri uang di rumah, maka orang jaman dahulu suka menaruh yuyu/ kepiting di rumahnya karena hewan tersebut merupakan mainannya si tuyul agar lupa akan perintah tuannya. selain denga yuyu tuyul juga suka bermain di parit yang tergenang air sehabis hujan.

Leave a Reply