Bute hantu dari kalimantan barat badan sapi dan bermata besar

Hantu ini berwujud sapi dengan ukuran yang besar. Matanya besar dan merah menyala. Dapat mengganggu manusia yang masuk ke hutan, terutama anak kecil. tetapi biasanya mengganggu sapi ternak penduduk yang dapat mengakibatkan kematian ternak dengan mulut yang berbuih.

hantu bute kalimantan barat

Konon, Bute senang mengganggu manusia dan kerap menampakkan diri pada manusia. Bahkan, Bute seringkali menghampiri pemukiman warga. Akibatnya, Bute menjadi salah satu hantu yang ditakuti. Bute merupakan hantu lain di Kalimantan yang terbilang unik. Hantu ini berwujud seperti sapi dengan ukuran dua kali lebih besar dari ukuran normal.

Hantu ini dapat membuat manusia tersesat, terutama anak kecil. Dengan wujud badannya yang berukuran raksasa anak kecil akan ketakutan dan terdiam tanpa bisa berteriak. Biasanya korban anak kecil ditemukan dalam keadaan tubuh yang berlendir. Bahkan diantarnya si anak tidak sadarkan diri, dan tidak tahu mengapa mereka ada di tempatnya berada. Si anak tidak sadar bagaimana dia bisa di tempat ia disembunyikan (di taporkan, Sambas).

Konon lokasi yang disukai hantu bute ini adalah lapangan, hutan, kandang sapi, semak belukar dan kebun penduduk. Banyak orang tua yang mempercayai bahwa hantu bute mencari mangsa ketika magrib terutama anak-anak. Makanya orang tua di daerah kalimantan terutama kalimantan barat banyak yang menyuruh anaknya pulang bermain ketika menjelang magrib.

Hantu bute ini matanya merah kalau dikegelapan. Menyeramkan. Jika dari dekat mata itu terlihat kecil, jika posisinya jauh maka matanya kelihatan membesar. Itulah keanehan hantu bute dari kalimantan barat khususnya daerah pesisir, di kabupaten sambas dan daerah sekitarnya.

Untuk mengusir hantu bute ini biasanya memanggil orang-orang pintar yang sudah biasa mengusir hantu. Biasanya dilakukan ritual pembacaan doa ayat-ayat suci alquran. Biasanya korban tidak mengalami trauma terlalu lama. Dalam beberapa hari korban sudah kembali beraktifitas, karena biasanya mereka tidak ingat apa yang telah terjadi kepada mereka.

Leave a Reply