cara membuat teh daun kelor sendiri dirumah

setelah kita mengetahui manfaat serta khasiat daun kelor, kini saya akan berbagi resep tentang cara membuat teh daun kelor. anda bisa melakukan sendiri dirumah dengan peralatan yang sederhana namun hasilnya maksimal, dan tidak kalah dengan teh daun kelor pabrikan. tentunya karena buatan sendiri sehingga kebersihan serta kesegarannya dapat terjaga.

untuk membuat teh daun kelor sendiri dirumah, bahan yang paling utama anda butuhkan adalah media bahannya, yaitu daun kelor. apabila anda tidak memiliki pohon kelor, maka bisa menanam sendiri dirumah, silahkan cari di pekarangan orang atau di tempat penjualan bibit tanaman. karena melihat manfaat serta khasiat daun kelor, maka tidak ada ruginya jika anda juga bisa menanam sendiri dirumah pohon kelor.

teh daun kelor terdiri dari tiga pilihan tegantung selera. yang pertama adalah bubuk teh daun kelor dan tah pucuk daun kelor. untuk membuat teh pucuk daun kelor sanagat sederhana dan mudah yakni ambil pucuk daun kelor kemudian bersihak menggunakan air hangat lalu setelah bersih, celupakn ke air panas, dan tunggu hingga air berubah hijau kekuningan. maka air teh pucuk daun kelor sudah siap diminum, tinggal ditambah gula sesai selera. lalu yang kedua adalah teh tubruk, prosesnya sama dengan teh bubuk hanya cara penggilingannya tidak sampai hancur menjadi serbuk.

sedangkan apabila ingin membuat bubuk teh daun kelor yang bisa di simpan untuk waktu yang lama maka berikut adalah resepnya:

bahan:
– daun kelor
– blender/ tumbukan cabe yang bentuk lesung

caranya:
– ambilah daun kelor dari pohonnya beserta tangkai daun, usahakan daun yang diambil adalah daun yang sudah tua, agar proses pengeringannya lebih cepat. lalu daun kelor di keringkan beserta tangkainya tapi jangan langsung terpapar sinar matahari, karena akan merubah warna hijau daun dan menghilangkan kandungan yang ada didalam daun kelor tersebut, sehingga khasiat dan manfaatnya akan hilang juga. karena kita disini akan membuat teh daun kelor yang masih lengkap dengan faedahnya sehingga bisa untuk berbagai pengobatan dan perawatan kesehatan.

– setelah terlihat kering maka daun di blender beserta tangkainya hingga halus, mengapa tangkainya ikut diblender, karena memiliki serat yang tinggi dan bagus untuk kesehatan kulit. apabila tidak memiliki blender bisa menggunakan penumbuk cabe yang berbentuk lesung. tapi perlu diingat alat penumbuknya harus dicuci bersih sehingga aroma bumbu dapur tidak menempel pada teh yang akan kita buat tadi.

– bubuk daun kelor yang sudah halus bisa disimpan dalam wadah yang tertutup rapat, sehingga aromanya tidak hilang. padasaat akan membuat teh daun kelor tinggal di seduh secukupnya demikian cara membuat teh daun kelor sendiri dirumah, semoga bermanfaat. dan apabila anda suka dengan teh yang kasar seperti masih bentuk daun maka saat daun kelor kering tinggal diremas saja atau di tumbuk kasar tidak sampai halus seperti teh tubruk.

Leave a Reply