Sandekala.com https://sandekala.com Jelajah Misteri Sat, 11 Aug 2018 02:18:29 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.8 mitos tentang jerawat https://sandekala.com/mitos-tentang-jerawat/ https://sandekala.com/mitos-tentang-jerawat/#respond Sat, 11 Aug 2018 02:18:29 +0000 https://sandekala.com/?p=142 Apabila anda sudah beranjak besar tentu akan mengenal istilah jerawat. penyakit ini tidak menyakitkan akan tetapi membuat risih apalagi jika munculnya di daerah wajah, tentunya akan mempengaruhi penampilan anda. selain berdasarkan ilmu medis atau kesehatan ternyata ada mitos tentang jerawat yang dipercaya oleh kalangan masyarakat. jerawat bisa menyerang siapa saja baik laki-laki maupun perempuan dan dalam usia kapan saja. oleh karena itu jerawat menjadi momok yang tentu semua orang akan mengalaminya. tumbuhnya jerawat biasa yang lazim adalah dimuka, meskipun ada juga yang memiliki jerawat di bagian anggota badan seperti dada dan punggung.

Jerawat berdasarkan ilmu medis atau kesehatan, bahwa pertumbuhan jerawat pada tubuh manusia di pengeruhi oleh beberapa faktor seperti makanan, obat-obatan dan cuaca. contoh makanan yang dapat menimbulkan jerawat adalah jenis makanan yang banyak mengandung minyak/lemak seperti kacang-kacangan. sedangkan obat-obatan adalah kosmetik yang tidak cocok atau berlebihan lalu cuaca biasanya sering terkena terik matahari dan jarang di bersihkan. beberapa pernyataan diatas mengenai jerawat adalah mitos yang sudah di teliti di dunia kesehatan.

sedangkan berdasarkan mitos tentang jerawat bahwa tumbuhnya penyakit tersebut diakibatkan atau firasat dari keadaan dan kondisi seseorang yang sedang memikirkan orang lain baik secara pikiran maupun perasaan. berikut contoh mitos tentang jerawat:

1. mitos jerawat tumbuh di kening pertanda orang lagi jatuh cinta
anak muda sering mengatakan hal demikian, apabila ada teman-temannya memiliki jerawat di kening atau dahi maka akan di vonis bahwa anak tersebut sedang memikirkan seseorang yang berhubungan dengan percintaan. memikirkan atau menaruh simpati hingga menimbulkan perasaan kangen dan suka. mitos ini sudah ada sejak dahulu kala sehingga turun-temurun melalui mulut.

2. mitos jerawat di pipi
jika anda memiliki jerawat di pipi, orang akan mengatakan bahwa ada seseorang yang sedang kasmaran atau memikirkan anda. ada perasaan kangen dan kemungkinan dia jatuh cinta. sehingga firasat tersebut menghubungkan dengan naluri anda sehingga memberikan tanda yang bisa diketahui. namun tidak semua orang yang memikirkan diri anda akan memunculkan jerawat, hanya orang yang anda kenal dan dekat. mitos ini sudah menjadi buah bibir dikalangan anak-anak sekolah.

3. mitos jerawat di dagu
apabila ada yang memiliki jerawat di daerah dagu maka firasatnya adalah orang tersebut sedang pacaran, dan jika yang mengalami orang yang sudah menikah maka pertanda sedang merasakan gejolak cinta yang besar terhadap pasangannya. mitos ini juga sudah sering di jadikan untuk menandai seseorang meski kebenarannya masih diragukan.

4. mitos jerawat di hidung
apabila ada seseorang yang memiliki tumbuh jerawat di hidung baik pangkal hidung maupun ujung hidung maka pertanda bahwa orang tersebut memiliki teman baru yang spesial.

5. mitos jerawat di dada
kebanyakan jerawat tumbuh di wajah, namun tidak sedikit yang tumbuh di bagian dada. memang tidak semua orang bisa melihat akan tetapi bagi anda yang memiliki jerawat disini, pertandanya adalah bahwa hubungan percintaan anda sedang di uji.

6. mitos jerawat di punggung
jerawat ynang tumbuh di derah tertutup seperti di punggung ini memiliki firasat pada hubungan kasih sayang dan percintaan baik dengan pacar maupun dengan suami/ istri. mitosnya bahwa orang tersebut belum merasakan puas akan hubungannya dan ada kemungkinan masih mencari pasangan yang lebih baik darinya.

demikian mitos tentang jerawat. benar atau tidaknya hanyalah sebuah mitos yang selalu dikaitkan dengan kejadian dan kehidupan manusia. namun dibalik mitos tersebut bahwasannya ada tujuan daripada menjadikan peristiwa sebagai suatu pertanda.

]]>
https://sandekala.com/mitos-tentang-jerawat/feed/ 0
mitos keramas malam hari https://sandekala.com/mitos-keramas-malam-hari/ https://sandekala.com/mitos-keramas-malam-hari/#respond Fri, 10 Aug 2018 14:48:25 +0000 https://sandekala.com/?p=139 Kalau ingat mitos ini inget jaman dulu ketika masih kecil, ada saja orang tua mengingatkan anak-anaknya dengan berbagai mitos yang kadang waktu itu berpikir apa benar apa tidak. namun karena alasan mematuhi perintah orang tua maka semua nasehat selalu didengar. salah satu mitos yang masih teringat adalah tentang larangan keramas pada malam hari dan apabila di langgar maka bisa terkena sakit rematik secara kesehatan dan di datangi hantu secara mistis.

dari dua permasalahan diatas mari kita kaji satu persatu, yang pertama berdampak sakit rematik. mitos disini bisa digambarkan benar dan juga tidak karena perjalanan waktu dan era yang dapat merubah segalanya. kemungkinan pada waktu dulu orang tua berpendapat demikian karena beberapa faktor. contoh malam hari cuaca yang dingin atau air yang dingin, mereka mengibaratkan badan adalah sebuah besi yang seharian telah bekerja dan tubuh menjadi panas ketika itu tiba-tiba badan dan kepala terkena air dingin karena keramas.maka dari itu seluruh susunan saraf dari otak kepala akan tegang dan kaget maka bisa berakibat sakit pada persendian dan inilah mengapa dibilang reumatik. namun berbeda dengan jaman sekarang yang sudah ada pemanas air atau mandi air hangat ketika malam sehingga untuk keramas pun menggunakan air hangat sehingga hal yang ditakutkan bisa teratasi. kemudian pengaruh kebiasaan, jika manusia sudah biasa melakukannya keramas pada malam hari maka kemungkinan tubuhnya sudah kebal dengan air dingin pada malam hari.

yang kedua mengenai mitos yang berdampak mistis yakni kalau keramas malam hari bisa di datangi hantu saat mandi. tentang pernyataan ini masih menjadi misteri karena sajauh ini yang saya dengar dan orang tua sampaikan hanya dari mulut kemulut belum ada bukti yang pasti. mengingat biasanya hal-hal yang berbau dunia gaib sangat susah di pastikan.

saran saya sebagai penulis jika anda terpaksa harus keramas malam hari karena dari pagi hingga sore bekerja maka sebaiknya gunakan air hangat atau setidaknya basahin dulu kepalanya pelan-pelan sehingga jaringan saraf tidak kaget. namun apabila keramasnya pada waktu dini hari sebaiknya di urungkan saja hingga pagi hari. karena waktu dini hari adalah waktu paling dingin dan cuaca malam yang kurang bagus untuk mandi.

]]>
https://sandekala.com/mitos-keramas-malam-hari/feed/ 0
asal usul mitos dan contohnya https://sandekala.com/asal-usul-mitos-dan-contohnya/ https://sandekala.com/asal-usul-mitos-dan-contohnya/#respond Fri, 10 Aug 2018 11:09:52 +0000 https://sandekala.com/?p=136 Pada jaman dahulu di wilayah nusantara, masyarakat memegang amanah dari sebuah kepercayaan yang di jadikan dasar untuk tuntunan dan aturan hidup, karena kala itu belum ada undang-undang tertulis. undang-undang dan aturan adat/ hukum adat yang menjadi mitos sama-sama memiliki efek apabila dilanggar, hanya perbedaannya. apabila undang-undang akibat dari pelanggarannya adalah hukuman penjara, sedangkan apabila melanggar aturan kepercayaan akan di kaitkan pada kehidupan kedepan, dengan berbagai istilah seperti kualat, karma, naas dan pengapesan.

meskipun efek/ akibat dari melanggar aturan kepercayaan tersebut bersifat fiksi, akan tetapi masyarakat jaman dahulu sangat mematuhi. hal ini dikarenakan munculnya rasa takut dan khawatir akan apa yang terjadi dikemudian hari, ditambah lagi hubungannya antara manusia dengan hal gaib, sang pencipta dan dewa-dewa yang dipercaya saat itu. hingga saat ini hal tersebut di namakan mitos.

mitos bukanlah sebuah aturan, melaikan anggapan atau cerita yang dibuat tentang suatu hal dan dikaitkan dengan kejadian yang kebenarannya masih diragukan. contoh mitos antara lain:

1. mitos tentang perilaku manusia
– mitos makan di depan pintu
– mitos kencing sembarangan
– mitos pantangan orang hamil
– dll

2. mitos tentang suatu tempat
– mitos legenda danau toba
– mitos malin kundang
– mitos gunung tangkuban perahu
-dll

3. mitos tentang makanan dan hewan
– mitos buah pisang
– mitos daging ayam
– mitos ikan
-dll

dari contoh mitos diatas tentu kita bisa mengambil kesimpulan tentang pengertian mitos, bahwasannya mitos adalah sebuah cerita yang didukung dengan unsur nasehat, aturan dan sebab akibat.

]]>
https://sandekala.com/asal-usul-mitos-dan-contohnya/feed/ 0
mitos potong rambut malam hari https://sandekala.com/mitos-potong-rambut-malam-hari/ https://sandekala.com/mitos-potong-rambut-malam-hari/#respond Fri, 10 Aug 2018 08:00:14 +0000 https://sandekala.com/?p=133 Dahulu selagi kita masih kecil, sering sekali di ingatkan oleh orang tua yang berhubungan dengan mitos, salah satunya yakni mitos larangan potong rambut malam hari. hingga kini ternyata nasehat tersebut masih dipercaya, namun saya akan membedah misteri ini dengan berbagai analisa diantaranya ilmu logika, agama islam dan pesan moral.

apakah boleh potong rambut di malam hari? jawabanya ada dalam penjelasan saya ini, pada jaman dulu orang melarang malakukan kegiatan di malam hari karena keterbatasan dari penerangan. orang lebih memilih bertamu ketempat tetangga-tetangg atau istirahat dari pada memotong rambut. alasan lain berdasarkan mitos yang berhubungan dengan hal gaib bahwasannya memotong rambut dimalam hari akan berakibat mimpi didatangi hantu menakutkan. namun berjalannya waktu sekarang ini sudah banyak dibuka salon, tukang potong rambut yang buka hingga malam hari. dikarenakan pada waktu siang orang menggunakan waktunya untuk bekerja, oleh karena itu tentu memilih waktu pada malam hari untuk merapihkan rambut.

selain menjadi mitos yang melekat hingga sekarang ini, anggapan pamali potong rambut malam hari, juga secara logika, kemungkinan apabila tidak dibersihkan maka saat tidur bekas potongan rambutnya akan berserakan dan gatal di badan. karena mitos mandi malam hari juga berhubungan erat. bedasarkan pernyataan ini maka bisa disimpulkan bahwa boleh tidaknya memotong rambut terletak pada kepercayaan diri kita masing-masing. karena mitis tersebut juga tidak ada yang bisa digunakan sebagai landasan atau dasar tertulis.

hanya saja apabila perempuan sedang hamil akan memotong rambutnya dimalam hari maka lebih baik di urungkan saja, karena bukan mempercayai akan tetapi menghindari firasat buruk yang kemungkinan terjadi berdasarkan mitos yang dibawa para leluhur kita.

sedangkan hukum potong rambut malam hari menurut islam, adalah syah-syah saja. hanya yang diutamakan adalah hari jumat karena akan menjadi sunnah. oleh karena itu bagi anda yang akan memotong rambut lebih baik cari hari jum’at agar mendapatkan pahala.

]]>
https://sandekala.com/mitos-potong-rambut-malam-hari/feed/ 0
mitos mencari kutu malam hari https://sandekala.com/mitos-mencari-kutu-malam-hari/ https://sandekala.com/mitos-mencari-kutu-malam-hari/#respond Fri, 10 Aug 2018 06:52:25 +0000 https://sandekala.com/?p=130 “nak, malam-malam jangan nyari kutu, nanti umurnya pendek” begitulah pesan orang tua jaman dahulu kepada anaknya apabila ada yang sedang mencari kutu rambut baik menggunakan tangan (petan) atau dengan sisir kutu. mitos mencari kutu pada malam hari sudah ada sejak dahulu kala kemudian disampaikan turun temurun tanpa ada aturan tertulis atau dasar sebenarnya, melainkan sebuah kepercayaan yang di bawa dengan bentuk lisan.

mitos larangan mencari kutu pada malam hari berasal dari tanah jawa kemudian merambah ke daerah sumatera hingga saat ini dikenal di nusantara, sebagai mitos warisan budaya indonsia. tentang benar atau tidaknya semua sudah diatur berdasarkan takdir. apabila dikaji sebenarnya lebih mengarah ke pesan moral dari pada mitosnya sendiri. karena secara logika pekerjaan mencari kutu dikelompokan ke dalam pekerjaan orang malas di tambah lagi pada jaman dahulu peerangan terbatas. jadi kemungkinan pekerjaan mencari kutu di ibaratkan pekerjaan yang sia-sia, karena bentuk kutu yang sangat kecil tidak akan mudah di cari pada malam hari.  selain itu juga agar bisa mengerjakan pekerjaan lain yang lebih bermanfaat seperti mengaji, belajar atau istirahat. terlebih lagi kebiasaan mencari kutu adalah kebiasaan monyet.

sedangkan jika di lihat dari sudut pandang agama tentang mitos mencari kutu sebenarnya tidak siang tidak malam lebih baik menggunakan sisir atau shampo. karena apabila orang dengan orang maka timbul obrolan ngalor ngidul/ ngerumpi yang dikhawatirkan mengarah pada obrolan buruk atau menceritakan kejelekan-kejelekan orang lain sehingga yang harusnya tidak bermasalah jadi membawa dosa. oleh karena itu selagi tidak menceritakan kejelekan orang maka dianggap sah-sah saja.

ada dua versi yang mempengaruhi mitos mencari kutu di malam hari, yakni versi yang pertama apabila dilakukan maka dipercaya akan memperpendek umurnya, kemudian versi yang kedua bahwa dengan mencari kutu pada malam hari maka akan di datangi hantu kuntilanak. dari dua versi tersebut sering menjadi nasehat untuk anak-anak wanita pada jaman dulu hingga sakarang. dengan adanya efek yang menakutkan dan mengerikan tersebut maka orang-orang sangat patuh dan menurutinya.

]]>
https://sandekala.com/mitos-mencari-kutu-malam-hari/feed/ 0
mitos tentang larangan duduk https://sandekala.com/mitos-tentang-larangan-duduk/ https://sandekala.com/mitos-tentang-larangan-duduk/#respond Thu, 09 Aug 2018 04:27:20 +0000 https://sandekala.com/?p=125 Apabila dikaji sebenarnya mitos ini semacam cerita karangan fiksi untuk membuat aturan agar di ikuti oleh semua orang dengan efek apabila dilanggar dapat mempengaruhi kehidupan nantinya. namun banyak juga mitos yang mengandung sebuah pelajaran dan aturan tata laksana tentang tata krama dan sopan santun dalam bersosial dan bermasyarakat seperti contoh yang akan saya bagikan mengenai mitos tentang larangan duduk.

berdasarkan mitos bahwasannya orang duduk ternyata memiliki aturan yang dikaitkan dengan kebiasaan, firasat dan pengaruh terhadap kehidupan dimasa yang akan datang. maka dari itu banyak orang tua yang mendidik anaknya menggunakan dasar dari istilah mitos yang dipercaya sudah turun-temurun dari para sesepuh terdahulu. hal ini dilakukan agar anak menurut dangan berbagai efek yang menakutkan.

berikut mitos tentang larangan duduk:

1. mitos dilarang duduk di puntu
maksud dari mitos ini bukanlah duduk diatas daun pintu, melainkan duduk di lorong pintu sehingga menghalangi jalan keluar masuk. orang tua biasanya akan mengingatkan anak-anaknya agar tidak duduk di tempat tersebut. dipercaya apabila dilanggar maka kelak rezeki dan jodohnyanya akan susah karena menutupi jalannya rezeki.

2. mitos larangan duduk diatas bantal
jika anda berasal dari jawa tentu pernah mendengar istilah mitos ini. ibu kita paling sering mengingatkan apabila ada anaknya yang duduk diatas bantal karena resikonya akan terkena sakit bisul. meskipun terdengar agak aneh namun banyak orang percaya hal tersebut. apabila dikaji dengan logika sebenarnya mengandung arah kedisiplinan dan kebaikan yakni bahwa bantal yang biasa digunakan untuk meletakan kepala saat tidur apabila diduduki maka tidak etis dan tidak sopan. oleh karena itu istilah bantal disini dikhususkan untuk bantal tidur karena jaman dulu bantal hanya digunakan untuk alas kepala saat tidur, berbeda dengan sekarang yang ada juga jenis bantal kursi/ sofa.

3. mitos larangan duduk kaki naik diatas meja/ jegang
apabila anda sedang duduk kemudian kaki naik diatas meja, rasanya enak dan darah terasa mengalir sempurna. kebasaan ini biasa dilakukan apabila dalam keadaan kecapaian atau kaki pegal-pegal. namun ternyata sewaktu kita masih kecil hal ini sering diajarkan oleh orang tua tentang larangan menaikan kaki diatas meja karena tidak sopan. pernyataan tersebut merupakan mitos yang sudah-turun temurun dan apabila dilanggar maka kelak jika sudah besar tidak akan dihargai oleh orang lain.

4. mitos duduk di meja
sudah ada kursi maka jangn biasakan duduk diatas meja, itulah pesan yang sering disampaikan orang tua kepada anak-anaknya ketika masih kecil, hal ini untuk mendidik agar anaknya bersikap dan bertindak sopan.namun dibalik pesan moral tersebut ternyata mengandung mitos hukum adat yang menyatakan bahwa apabila ada seorang anak yang duduk diatas meja maka kelak hidupnya akan terlilit hutang dan sengsara.

5. mitos larangan duduk di anak tangga
jika anda berada di sebuah tempat yang memiliki anak tangga baik di rumah sendiri atau tempat lain, maka jangan biasakan duduk atau sambil makan di anak tangga. berdasarkan mitos kepercayaan orang bahwa apabila anda sering melakukan kebiasaan tersebut maka kehidupan anda nantinya akan menurun bukan malah menanjak naik menjadi kaya malah akan jatuh miskin dan sengsara.

6. mitos duduk dikursi pelaminan bersama pacar
apabila anda bersama sang pacar datang kesebuah pesta pernikahan, jangan berani-berani duduk di kursi pelaminan. karena mitosnya apabila anda duduk ditempat tersebut yang belum waktunya maka hubungan anda akan putus di tengah jalan dan tidak sampai ke pernikahan.

demikian beberapa kumpulan mitos yang berhubungan dengan perilaku duduk. kepercayaan-kepercayaan terhadap aturan tersebut masih ada hingga sekarang ini. apabila kita tidak sependapat maka cukup ambil pesan moral yang baiknya.

]]>
https://sandekala.com/mitos-tentang-larangan-duduk/feed/ 0
mitos menyisir rambut di malam hari https://sandekala.com/mitos-menyisir-rambut-di-malam-hari/ https://sandekala.com/mitos-menyisir-rambut-di-malam-hari/#respond Wed, 08 Aug 2018 13:33:49 +0000 https://sandekala.com/?p=122 Pernahkah anda berfikir jika ternyata menyisir rambut tidak boleh dilakukan sembarangan, ada waktu-waktu tertentu yang dilarang berdasarkan petuah para leluhur dan hukum adat. mitos ini sudah ada sejak lama sekali dan di wasiatkan kepada para orang tua untuk anak-anaknya agar kelak selalu mengikuti pemahaman tersebut. waktu yang dilarang untuk menyisir rambut adalah malam hari. apa sebenarnya maksud dari mitos tersebut, berikut telah kami rangkum berdasarkan informasi kepercayaan orang-orang dahulu mengenai mitos menyisir rambut di malam hari.

asal-usul mitos larangan menyisir rambut di malam hari merupakan kepercayaan masyarakat tanah jawa, kurang lebih ratusan tahun yang silam tepatnya jaman kerajaan kuno. pada saat itu masyarakat belum mengenal adanya listrik seperti sekarang ini. mereka masih menggunakan penerangan lampu dari minyak tanah (lentera/ obor). oleh karena itu pada saat malam akan terasa gelap dan remang-remang karena daya pengaruh lampu minyak tidak seperti lampu listrik. biasanya kalau sudah jam-jam malam dan hendak mau tidur penerangan tersebut dimatikan guna mengirit minyak tanah.

berdasarkan kondisi yang ada saat itu maka mitos menyisir rambut di malam hari dilarang, dikarenakan suasana yang gelap, kemudian orang-orang yang memiliki cermin juga terbatas hanya golongan keluarga bangsawan yang punya. bahkan konon jaman dulu orang menggunakan air untuk bercermin. dan apabila hendak bepergian malam hari maka rambutnya dibungkus menggunakan kain. selain karena lusuh tidak disisir juga apabila rambutnya di gerai di luar rumah pada saat hari gelap aka dianggap hantu bagi yang tidak mengetahui.

sedangkan berdasarkan dunia mistisnya bahwa menyisir rambut pada malam hari ada hubungannya dengan hal gaib, dan mitos inilah yang berkembang turun temurun hingga ke kita sekarang. seperti yang di pesankan ibu atau nenek kita agar tidak menyisir rambut di malam hari karena akan di datangi hantu kuntilanak. seperti yang di lansir oleh jelajah misteri bahwa kesukaan kuntilanak adalah menyisir rambut pada malam hari sambil bernyanyi kidung lagu-lagu jawa. untuk menghindari mahluk gaib tersebut tidak merasuki wanita yang menyisir dimalam hari maka para orang tua melarangnya.

benar tidaknya mitos tersebut masih menjadi misteri hingga sekarang. apabila kita tidak mempercayainya maka ambil dari segi positifnya, yakni kemungkinan orang dahulu melarang putrinya keluar rumah pada malam hari. karena kebiasaan wanita jika hendak keluar rumah pasti suka bersolek termasuk merapihkan rambutnya. maka dengan pernyataan tersebut dapat menghalangi keinginan anaknya untuk keluar rumah pada malam hari dikarenakan tidak boleh berdandan dengan rapih/ menata rambutnya.

]]>
https://sandekala.com/mitos-menyisir-rambut-di-malam-hari/feed/ 0
kumpulan mitos tentang makanan https://sandekala.com/kumpulan-mitos-tentang-makanan/ https://sandekala.com/kumpulan-mitos-tentang-makanan/#respond Wed, 08 Aug 2018 06:21:23 +0000 https://sandekala.com/?p=117 Berbeda dengan mitos sebelumnya yang membahas tentang adab makan/ cara makan. mitos ini adalah tentang makanan yang dimakan manusia baik yang di telan maupun hanya sekedar dikunyah. karena ada aturan adat yang membuat batasan-batasan usia untuk sebuah makanan baik secara untuk kesehatan maupun kepercayaan akan akibat nantinya dimasa depan apabila melanggar. oleh karena itu melalui aritikel ini saya akan memberikan pengetahuan tentang mitos yang beredar di masyarakat tantang makanan.

Berdasarkan Mitos Ternyata tidak semua makanan yang bisa dimakan akan baik untuk dimakan. hal tersebut sering menjadi nasehat dan petuah para orang tua terhadap anaknya. makanan-makanan tersebut biasanya dimakan sesuai golongan usia, terlebih lagi apabila yang makan anak yang masih lajang atau gadis tentu lebih banyak lagi aturannya karena dipercaya berhubungan pada kehidupan masa depan setelah menikah nantinya.

berikut mitos tentang makanan tersebut:

1. Mitos Pamali Makan buah pisang bagian jantungnya
mitos ini dihkususkan untuk anak-anak yang belum menikah, dipercayai bahwa berdasarkan pendapat masyarakat apabila memakan jantung pisang maka kelak apabila sudah besar dan berkeluarga akan menjadi bodoh dan tidak pandai mencari pekerjaan.

2. Mitos Pamali Makan pisang bagian pinggirnya saja
mitos ini datang dari daerah sumatera, masyarakat disana percaya bahwa apabila memakan daging pisang pada bagian pinggiranya saja maka nanti akan selalu disisihkan dalam pergaulan dan sedikit temannya.

3. mitos makan pisang ambon setelah sunat
mitos ini berasal dari daerah jawa yang menyatakan apabila selesai sunat dan dalam masa penyembuhan dilarang makan pisang ambon, dipercaya nanti akan membengkak dan tidak sembuh-sembuh sakitnya.

4. mitos makan pisang dempet/ kembar
jika dulu di kampung orang tua membawa satu tandan pisang yang sudah masak dari kebunnya tentu anak-anaknya akan berlarian ingin memakannya, namun apabila ada pisang yang dempet atau kembar maka orang tua akan melarang anaknya agar tidak dimakan, dengan alasan nanti kalau memiliki anak maka anaknya akan kembar dempet tidak bisa lepas. oleh karena itu jika ingin memakannya hendaknya dipisahkan dulu pisang tersebut kemudian yang satunya di berikan ke saudaa yang lainnya.

5.Mitos Pamali Makan sirih bagi perempuan muda
mitos berikut ini juga berasal dari tanah jawa yang menyatakan apabila melanggar maka nanti pada saat menikah akan mengalami menstruasi yang lama sehingga tidak bisa menikmati malam pertama yang diidam-idamkan dalam menikah.

6. mitos makan tutup kelapa
apabila kita pernah membeli kelapa muda tentu ada bagian yang dipotong untuk membuka bagian isi kelapa tersebut agar airnya bisa diminum. ternyata berdasarkan mitos bagian daging kelapa muda yang menempel di bagian batok penutupnya tersebut tidak boleh dimakan oleh laki-laki perjaka/ lajang atau perempuan yang masih gadis. karena dipercaya oleh masyarakat bahwa kelak akan susah mendapatkan/ memiliki anak.

7. mitos memakan makanan sisa sesaji/ sesajen
makanan yang dulu sering dibuat untuk sesaji oleh orang tua maupun orang lain di tempat-tempat tertentu tentu akan mengundang nafsu karena jenisnya beragam dan terlihat enak untuk dimakan. ternyata berdasarkan kepercayaan bahwasannya makanan tersebut tidak boleh dimakan karena bekas mahluk gaib, jin atau arwah leluhur. jika dilanggar maka akan dihantui atau didatangi dalam tidurnya.

demikianlah kumpulan mitos tentang makanan yang sering kita jumpai di kehidupan kita dan sampai sekarang tradisi kepercayaan tersebut masih ada didaerah perkampungan.

]]>
https://sandekala.com/kumpulan-mitos-tentang-makanan/feed/ 0
mitos makan bagian daging ayam https://sandekala.com/mitos-makan-bagian-daging-ayam/ https://sandekala.com/mitos-makan-bagian-daging-ayam/#respond Wed, 08 Aug 2018 04:30:49 +0000 https://sandekala.com/?p=114 Ternyata daging ayam selain menjadi makanan favorit juga menyimpan banyak mitos. karena tidak semua bagian pada ayam dapat di makan anak-anak, hal tersebut didasarkan pada kepercayaan masyarakat yang sudah turun temurun di sampaikan kepada anaknya. oleh karena itu anda agar hati-hati dalam memilih ayam yah. namun apabila sudah dewasa tidak masalah semua dimakan yang penting jangan bulunya dimakan.

Berikut Mitos tentang makanan bagian ayam:

1. Mitos anak-anak Pamali Makan sayap ayam (swiwi)
jika anda makan sayap ayam maka dipercaya kelak jika sudah menikah akan ringan tangan/ suka memukul anak dan istrinya.

2. anak-anak tidak boleh makan bagian belakang ayam/ brutu
saat saya kecil dulu, orang tua selalu berpesan saat menyajikan hidangan masakan daging ayam bahwasannya jangan memakan brutu karena nanti setelah besar pikirannya tidak tegas dan suka berubah-ubah pikirannya.

3. mitos makan kepala ayam bagi anak-anak
“nak, kepalanya jangan dimakan yah pamali, biar dimakan bapakmu aja” itulah yang sering di pesankan ibu saat menyajikan masakan ayam. dari dulu saya bertanya-tanya apa sebenarnya maksud dari perkataan ibu tersebut. ternyata hal tersebut adalah mitos yang mengatakan jika dimakan kelak apabila sudah besar banyak omong atau mulutnya gak bisa diam.

4. mitos makan leher ayam
sama halnya dengan bagian kepala ayam yang dilarang untuk dimakan anak-anak, ternyata leher ayam juga memiliki mitos yakni apabila dimakan nanti kepalanya bisa tengleng atau miring.

5. mitos makan kaki ayam (ceker)
ternyata berbeda dengan mitos sebelumnya yang dilarang dimakan, kalau ceker ayam malah dianjurkan karena apabila sudah besar nanti pintar mencari rejeki, seperti digambarkan oleh ayam saat mencari makanan menggunakan kakiknya (koreh)

6. mitos yang punya penyakit dalam tidak boleh makan jerohan
jerohan adalah bagian ayam yang berada di dalam seperti usus, jantung, hati, paru dll. berdasarkan kepercayaan orang tua dahulu bahwasannya orang yang memiliki penyakit dalam dilarang memakannya karena bisa kambuh lagi. sedangkan dari ilmu kesehatan di ketahui bahwa jerohan ayam banyak mengandung penyakit yang dibawa saat ayam tersebut masih hidup.

berdasarkan pengetahuan diatas dan setelah saya besar baru tau alasan yang jelas dan logika, baik brutu, kepala, leher, sayap memang bagian ayam yang paling enak enak namun banyak dipenuhi tulang sedang brutu tempat keluarnya kotoran. jadi apabila dimakan sama anak-anak takut tersedak tulang-tulang kecil yang ada dibagian ayam tersebut.

]]>
https://sandekala.com/mitos-makan-bagian-daging-ayam/feed/ 0
mitos tentang aturan makan https://sandekala.com/mitos-tentang-aturan-makan/ https://sandekala.com/mitos-tentang-aturan-makan/#respond Wed, 08 Aug 2018 03:09:14 +0000 https://sandekala.com/?p=111 Mungkin sekarang ini kita melupakan pesan-pesan orang tua kita jaman dulu masalah makan. sering kita melihat orang-orang makan dengan nikmatnya namun mereka lupa akan aturan dan mitos tentang makan tersebut, karena menurut orang tua jika di langgar akan ada akibat sesudahnya. mari kita ingat-ingat lagi pesan-pesan tersebut agar senantiasa kita tidak salah dalam melakukan suatu kegiatan karena pengaruh-pengaruh budaya luar yang sering kita ikuti.

makan merupakan kegiatan hari-hari manusia, karena dengan makan maka tubuh akan sehat, bertambahnya energi dan mengisi jaringan tubuh kita untuk tumbuh dan hidup. namun dibalik kegiatan makan, ternyata ada aturan yang harus kita ketahui berdasarkan mitos jawa selama ini yang sering disampaikan oleh orang tua atau leluhur kita. baik secara kesopanan maupun secara tata krama yang baik dalam adab makan.

Berikut mitos tentang makan:

1. makan tidak boleh bersuara
tradisi ini merupakan tradisi dari orang tua yang dikaitkan dengan mitos, meskipun tujuan sebenarnya adalah agar kita memahami adab cara makan yakni untuk kesopanan. tidak boleh bersuara seperti berdecap, mengecap (ceplak) atau tidak boleh ada suara baik dari saat mengunyah makanan maupun saat alat makan beradu ketika sedang mengambil makanan. hal ini ternyata aturan yang dipakai oleh keluarga kerajaan jaman dulu, namun masyarakat juga ingin memetik atau mengikuti ajaran tersebut karena dianggap sangat baik, selain untuk kesopanan juga mengetahui karakter seseorang. sedangkan berdasarkan mitos apabila saat anda makan mengeluarkan kebisingan atau suara maka tandanya bahwa anda termasuk orang yang tidak bisa menghargai hasil karya orang lain.

2. makan tidak boleh sambil ngobrol
mitos ini bukan lagi hal yang baru kita dengar, akan tetapi setiap orang tua berpesan saat kita makan adalah agar jangan sambil berbicara, bercanda, bergurau, tertawa atau mengobrol. meski apabila dilihat dari sisi medis atau kesehatan adalah agar tidak tersedak makanan, ternyata berdasarkan mitos bahwa apabila anda makan sambil ngobrol maka kelak rezekimu akan diambil orang karena tidak menghargai dan menghormati rizki yang telah Allah berikan.

3. marah-marah didepan makanan
mitos ini hampir sama dengan makan tidak boleh sambil ngobrol, akan tetapi jika anda sedang atau sambil marah-marah maka dianggap tidak menghargai rezeki yang telah Allah berikan untuk anda. dipercaya jika hal tersebut anda lakukan maka selain rezeki akan menjauh juga akan berdosa dan dijauhkan dari nikmat Tuhan.

4. makan sambil berjalan
sering kita melihat orang-orang makan sambil berjalan bahkan ada yang sedang mengunyah sambil lari. selain secara kesopanan tidak etis ternyata ada mitos yang mengatakan bahwa apabila anda memakan sesuatu sambil berjalan atau lari maka kelak hidupnya akan selalu kekurangan mekipun berharta akan tetapi tidak bisa menikmatinya.

5. makan sambil tidur
sebenarnya jika dilihat dari ilmu kesehatan sudah dapat kita simpulkan bahwasannya apabila makan dilakukan sambil tidur ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi yaitu tenggorokan bisa tersedak, kemudian jalannya makanan yang masuk ke perut melalu usus tidak maksimal, apabila sampai ketiduran dan makanan masih berada didalam mulut kemudian mulut terbuka maka dikhawatirkan akan ada binatang yang memasuki mulut. sedangkan berdasarkan mitos bahwa tidak boleh makan sambil tidur karena usaha, ternak, pertanian anda tidak akan berhasil dan anda akan hidup merugi.

6. makan tidak habis
mitos ini mungkin sering anda dengar, biasanya yang sering menasehati adalah ibu ” nak makannya dihabisin nanti kalau tidak ayamnya mati”. tapi secara logika bahwa makanan yang tidak habis bisa di kasih untuk makan ayam. ternyata arah dari nasehat orang tua tidak mengarah kesana melainkan bahwa rezeki digambarkan dengan ayam karena biasanya anak kecil tidak memahami rezeki, dan arti sebenarnya adalah rezeki anda akan dikurang atau akan di persempit rezekinya karena sudah di beri takaran akan tetapi anda tidak menghabiskannya.

7. selesai makan sendok dan garpu tidak boleh diletakan tengadah
mungkin mitos ini jarang anda dengar, akan tetapi ini merupakan mitos yang penting selain menjadi aturan tradisi makan juga ada firasat dibalik mitos tersebut. bahwa apabila selesai makan sendok dan garpu diletakan harus tengkurap adalah agar kita merasa kenyang lebih lama, namun pabila sendok dan garpu tengadah maka dipercaya meskipun sudah kenyang, sebentar lagi akan terasa lapar lagi.

8. makan di pintu
biasanya mitos tentang makan di pintu sering dilontarkan oleh para orang tua kepada anak gadisnya. selain berdasarkan logika apabila makan dipintu akan menghalangi orang masuk ternyata dipercaya jika dilakukan oleh anak gadis maka kelak akan mendapatkan jodoh seorang duda.

9. mitos makan dikamar
sebenarnya selain mitos memang dilarang makan dikamar karena akan kotor kemudian mengundang serangga untuk masuk kekamar, dan dikhawatirkan pada saat kita tertidur serangga itu masuk kedalam tubuh kita baik semut, kecoa dll.

10. Mitos Pamali Makan memakai tutup sebagai piring
apabila tadi makan di depan tengah pintu mitos untuk anak gadis maka makan menggunakan alat selain piring seperti tutup makanan, baskom dll adalah untuk anak lajang/ bujang, dipercaya oleh para orang tua jika dilakukan maka kelak akan menikah dengan seorrang janda atau orang yang sedang hamil oleh kelakuan orang lain, atau istrinya tidak perawan lagi.

11. Mitos Pamali Makan sebelum orang tua makan
sebenarnya arah mitos ini lebih mengarah kepada tata krama dan sopan santun, yakni mendahulukan orang yang lebih tua untuk makan. karena apabila orang tua makan setelah anak dianggap makan sisa anaknya, hal ini lah yang menarik kesimpulan tentang mitos tersebut agar dipatuhi oleh anak-anak dengan adanya aturan yang jika dilanggar maka rezekinya akan sempit kelak apabila sudah besar.

]]>
https://sandekala.com/mitos-tentang-aturan-makan/feed/ 0