Sandekala.com https://sandekala.com Jelajah Misteri Tue, 13 Nov 2018 04:36:24 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.8 asal usul legenda jin tomang https://sandekala.com/asal-usul-legenda-jin-tomang/ https://sandekala.com/asal-usul-legenda-jin-tomang/#respond Tue, 13 Nov 2018 04:31:30 +0000 https://sandekala.com/?p=268 team sandekala.com melalui jelajah misteri telah menemukan beberapa referensi tentang keberadaan jin tomang mulai dari asal usulnya dan bentuk penampakannya. nama jin tomang adalah penggambaran sebuah mahluk gaib sejenis hantu/ iblis yang namanya di ambil dari sebuah nama di daerah jakarta yaitu kawasan Tomang.

legenda jin tomang mulai dikenal oleh masyarakat luas sejak di buatnya sebuah film horor dengan judul jin tomang. menurut masyarakat jakarta khususnya daerah tomang bahwasannya mitos mengenai jenis hantu ini sudah lama sekali, dikabarkan bahwa sosok penamp-akan hantu tersebut sering mengganggu para karyawan pabrik yang pulang larut malam, dan juga sering mengganggu para wanita yang melintas dijalanan sepi sendirian. selain menampakan diri juga di ceritakan bahwa mereka suka menculik anak-anak kecil yang belum pulang bermain jika hari menjelang malam.

menurut warga setempat yang mengaku pernah bertemu, bahwa sosok penamakan atau bentuk jin tomang adalah menyerupai laki-laki gemuk besar tinggi dengan perut buncit, mata merah dan memiliki taring serta kukunya panjang-panjang dengan lidah menjulur. sedangkan kesukaannya adalah menempati daerah yang sepi seperti jembatan atau pohon besar yang berada di pinggir jalan.

]]>
https://sandekala.com/asal-usul-legenda-jin-tomang/feed/ 0
tembung kosok balen lengkap https://sandekala.com/tembung-kosok-balen-lengkap/ https://sandekala.com/tembung-kosok-balen-lengkap/#respond Wed, 31 Oct 2018 11:57:18 +0000 https://sandekala.com/?p=264 Tembung kosok balen adalah sebuah kata yang berlawanan atau kebalikan dalam bahasa indonesia di sebut antonim atau lawan kata. tembung kosok balen sering digunakan untuk membuat kalimat sindiran atau kalimat yang berlawanan. berikut ini telah saya rangkum kata-kata antonim atau tembung kosok balen dengan lengkap.

berikut contoh tembung kosok balen:

A.
andhap x inggil
andhap ansor x deksura
adhem x panas
adil x sewenang-wenang
ageng x alit
agung x asat
akas x alon
akeh x sathithik
ala x becik
ambang x kalem
amber x asat
amem x grapyak
angok x rob, amber
arang x kerep
asor x unggul
atos x empuk

B.
bagus x elek
mbangir x pesek
banter x alon
bathi x rugi
becik x ala
begja x cilaka
bener x luput
bening x buthek
biyen x saiki
brangasan x sabar
budhal x teka
bungah x susah

C.
dawa x cendhak
dhewe x bareng
dhisik x kari
dhoyong x jejeg
ndhudhuk x ngurug
dhuwur x edhek
duka x rena
dursila x susila

]]>
https://sandekala.com/tembung-kosok-balen-lengkap/feed/ 0
tembung padha tegese atau persamaan kata dalam bahasa jawa https://sandekala.com/tembung-padha-tegese-atau-persamaan-kata-dalam-bahasa-jawa/ https://sandekala.com/tembung-padha-tegese-atau-persamaan-kata-dalam-bahasa-jawa/#respond Tue, 30 Oct 2018 14:53:02 +0000 https://sandekala.com/?p=258 Tembung kang padha tegese ini adalah sebuah kata persamaan jika dalam bahasa indonesia disebut sinonim persamaan kata, merupakan bentuk kata yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk kata lain meskipun kata-katanya berbeda. berikut persamaan kata/ tembung padha tegese yang ada di dalam bahasa jawa.

A.
agung              = luhur
ajar                  = wuruk
ajur                  = remuk
alas                  = wanadri
di alem            = diugung
ama                  = penyakit
ambal              = bali
amem              = meneng
ancas               = maksud
andayani        = mrebawani
anggung         = tansah
anjog               = jebul
antara             = let
apes                 = kojur
apik                 = becik
ardi                  = gunung
asma                = jeneng
asri                  = ngresepake
asta                  = wolu, tangan
asung              = menehi
atak                 = ekon
atur                 = tata

B.
babar             = akeh
badhut          = lawak
bangga          = nglawan
barat              = angin
bakda            = bubar
bandar          = pelabuhan
bandha          = donya
baut              = pinter
becik            = apik
beda             = seje
bering          = abot sih
bleter           = semanak
mbolos        = mlincur
budi             = obah
bungah       = seneng

]]>
https://sandekala.com/tembung-padha-tegese-atau-persamaan-kata-dalam-bahasa-jawa/feed/ 0
asal usul hantu kasuraga https://sandekala.com/asal-usul-hantu-kasuraga/ https://sandekala.com/asal-usul-hantu-kasuraga/#respond Wed, 17 Oct 2018 02:39:21 +0000 https://sandekala.com/?p=252 mungkin bagi masyarakat jawa sudah tidak heran tentang nama kasuraga. nama kasuraga dalam bahasa indonesia keranda mayat berasal dari bahasa jawa yang berarti kasur artinya tempat tidur dan raga adalah tubuh tanpa roh (orang mati), baerarti kasur raga adalah tempat yang digunakan untuk membawa orang mati ke kuburan dalam bahasa indonesianya keranda. kasuraga ada yang terbuat dari bambu, kayu dan ada juga yang terbuat dari besi.

konon berdasarkan cerita misteri dari masyarakat jawa bahwa ada hantu yang menyerupai keranda terbang yang disebut hantu kasuraga. kasuraga tersebut melayang-layang di udara tanpa ada yang mengangkatnya.

ada yang mengatakan bahwa keranda yang biasa buat membawa orang mati dikampung tersebut telah di huni oleh mahluk halus atau roh yang bersemayam, sehingga sesekali membawanya pergi dengan melayang-layang diudara sehingga di beri nama hantu keranda terbang. ada juga yang mengatakan bahwa hantu kasuraga adalah murni penjelmaan mahluk gaib yang menjelma seperti keranda mayat.

mitos tentang hantu kasuraga sudah ada sejak jaman dahulu kala, ketika manusia mulai menggunakan keranda untuk mengantarkan jasadnya keliang lahat.

]]>
https://sandekala.com/asal-usul-hantu-kasuraga/feed/ 0
asal usul hantu muka rata https://sandekala.com/asal-usul-hantu-muka-rata/ https://sandekala.com/asal-usul-hantu-muka-rata/#respond Wed, 17 Oct 2018 02:20:55 +0000 https://sandekala.com/?p=249 Berdasarkan informasi jelajah misteri tema sandekala, mendapatkan tentang informasi hantu yang sering di bicarakan masyarakat tanah jawa, yaitu hantu muka rata. hantu ini berasal dari cerita masyarakat tanah jawa khususnya daerah jawa barat dan jakarta. dinamakan hantu muka rata karena memiliki wajah yang rata tidak ada mata, hidung dan mulu, semua rata seperti halnya papan kayu.

hantu jenis ini adalah sosok penjelmaan dari mahluk gaib namun dipercaya sebagai arwah manusia yang meninggal secara sadis, baik dibunuh atau karena kecelakaan. hantu ini juga sering menampakan dirinya seperti halnya manusai , tujuannya hanyalah untuk menakut-nakuti saja tidak ada niat membunuh, kecuali orang yang di liatin berlari dan mengalami kecelakaan.

banyak masyarakat mengatakan bahwa hantu ini suka menampakan diri menjadi pedagang keliling pada malam hari dan biasanya mangkal di jalan-jalan sepi, seperti pedagang sate, ketoprak atau gorengan. ketika ada seorang pembeli yang hendak membeli dan menanyakan tentang berang dagangannya atau harganya, maka penjualnya akan memalngkan mukanya menghadap kepembeli, sehingga orang yang membeli begitu melihat muka penjualnya rata tidak seperti lazimnya manusia lalu lari ketakutan. hanya sebatas itulah penampakan hantu muka rata karena tidak akan mengejar hanya menakut-nakuti.

cerita hantu muka rata ini juga pernah diangkat ke dalam sebuah film televisi. referensi tentang keberadaan hantu dan cerita hantu tersebut berdasarkan dari cerita-cerita masyarakat setempat yang mengaku pernah melihatnya juga.

]]>
https://sandekala.com/asal-usul-hantu-muka-rata/feed/ 0
asal usul hantu suanggi https://sandekala.com/asal-usul-hantu-suanggi/ https://sandekala.com/asal-usul-hantu-suanggi/#respond Wed, 17 Oct 2018 02:00:09 +0000 https://sandekala.com/?p=245 Masyarakat Indonesia memang sangat kaya dengan berbagai hal yang berbau mistis, salah satunya adalah tentang cerita hantu dari Papua yang di beri nama Suanggi. Suanggi adalah sosok hantu yang sangat melegenda bagi masyarakat Papua. Bahkan mitosnya masyarakat Papua sangat takut akan keberadaan hantu yang satu ini, pasalnya menurut legenda Suanggi tidak hanya mengerikan tapi juga gemar membunuh manusia.

panampakan hantu suanggi sendiri ada dua versi berdasarkan masyarakat setempat, salah satunya berbentuk bola api dan hantu wanita yang memiliki wajah sangat menyeramkan. masyarakat mempercayai bahwa keberadaan hantu suanggi adalah sebuah malapetaka sehingga mereka bukan hanya tidak berani keluar rumah saat malam hari tapi mereka bahkan tidak berani bercerita banyak tentang suanggu. Hal tersebut ternyata tidak terlepas dari legenda yang selama ini beredar di masyarakat Papua. Konon jika suanggi diceritakan maka hantu tersebut akan tahu dan bisa mendatangi mereka yang sudah membicarakannya.

berdasarkan mitos Suanggi Papua merupakan hantu legendaris yang bisa diperintah oleh manusia. Namun hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang punya kekuatan atau ilmu kesaktian yang tinggi. Konon mereka yang memelihara suanggi bisa memerintahkan suanggi untuk membunuh dengan cara seperti santet atau teluh yang berada di tanah jawa, jika perintahnya tersebut maka inilah yang biasanya berbentuk bola-bola api dan melayang-layang di atas rumah korbannya.

tentang cara hantu suanggi membunuh manusia adalah dengan cara jarak jauh. Konon suanggi bisa membunuh dari jarak jauh dengan memakang daging korbannya secara gaib sampai korbannya meninggal yang dikira karena sakit. namun ada juga yang mengatakan bahwa suanggi bisa menyerang manusia dan memakan dagingnya secara langsung.

Cerita misteri yang datang dari mulut ke mulut masyarakat papua konon hantu suanggi ini kabarnya hanya bisa menyerang orang Papua saja karena konon rasanya lebih nikmat. Sementara untuk orang pendatang hantu suanggi tidak bisa menyerang mereka. Namun apapun ceritanya hantu suanggi yang legendaris ini merupakan hantu yang paling ditakuti oleh masyarakat Papua. Mereka hanya bisa menerima keberadaannya tanpa bisa berbuat apa-apa karena konon hantu suanggi tidak ada penangkalnya.

]]>
https://sandekala.com/asal-usul-hantu-suanggi/feed/ 0
asal usul hantu moto sak tampah https://sandekala.com/asal-usul-hantu-moto-sak-tampah/ https://sandekala.com/asal-usul-hantu-moto-sak-tampah/#respond Wed, 17 Oct 2018 01:36:01 +0000 https://sandekala.com/?p=242 kepercayaan masyarakat indonesia terhadap dunia mistis memang masih sangat kental, penamaan atau julukan hantu yang perpatokan pada sosok penjelamaan yang dilihat saat penampakan. salah satunya yakni hantu moto sak tampah ( matanya sebesar alat penampih padi yang terbuat dari bambu).

mengenai asal usul hantu moto sak tampah ini adalah berasal dari cerita masyarakat di tanah jawa khususnya jawa tengah (mengingat dari bahasa penamaan adalah bahasa jawa). sosok mahluk gaib ini wujudnya menyerupai manusia dengan mata yang lebar dan merah sperti api. biasanya suka menampakan diri di area jalan yang sepi dan jembatan-jembatan tua.

menurut mitos apabila kita berjumpa dengan hantu tersebut sebaiknya langsung lari atau menghindar. karena jika menatap matanya yang lebar tersebut bisa-bisa terhipnotis dan akan mengikuti kemauan hantu tersebut untuk terjun dari jembatan yang tinggi atau jika berkendara menabrakan ke pembatas atau pohon yang berada di samping jalan.

cerita hantu ini sudah ada sejak jaman dahulu kala, berdasarkan cerita masyarakat asal dari hantu sak tampah adalah penjelmaan dari seorang yang meninggal karena mati dijalan sehingga mereka lebih suka menjadi penunggu jalan yang sepi.

untuk menghindari penampakan hantu seperti moto sak tampah, pesan dari orang tua dan sesepuh agar menghidupkan klakson ketika melintasi jembatan dan menyalakan dim lampu jauh sebagai isyarat permisi kepada penghuni jalanan tersebut.

]]>
https://sandekala.com/asal-usul-hantu-moto-sak-tampah/feed/ 0
asal usul hantu pulung gantung https://sandekala.com/asal-usul-hantu-pulung-gantung/ https://sandekala.com/asal-usul-hantu-pulung-gantung/#respond Tue, 16 Oct 2018 08:21:17 +0000 https://sandekala.com/?p=237 hantu pulung gantung adalah penyebutan jenis hantu yang berasal dari cerita masyarakat daerah gunung kidul jogjakarta jawa tengah. pulung gantung di kaitkan dengan adanya kejadian-kejadian yang terjadi di masyarakat gunung kidul yang banyak memilih bunuh diri untuk mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. konon jika pulung gantung menampakan diri di atas rumah warga, maka dalam waktu dekat, salah satu anggota keluarga tersebut akan melaksanakan ritual gantung diri.

sosok penampakan hantu pulung gantung adalah seperti bola api yang memiliki ekor. sebuah tingkah dari masyarakat yang dianggapnya tidak wajar adalah kasus bunuh diri yang marak didaerah tersebut. bayangkan pada tahun 2015 dan 2016 rata-rata yang bunuh diri setiap bulan adalah 2 orang.

sejarah dari cerita mistis tentang asal usul pulung gantung menurut sesepuh setempat adalah bahwa dahulu kala ketika terjadi perseteruan antara Majapahit dan Demak, para prajurit dan rakyat yang setia terhadap raja Brawijaya V melarikan diri ke arah Gunung Kidul karena menganggap lokasi ini terpencil dan sulit dijangkau. namun karena para pengikut itu tidak mampu mengikuti jejak rajanya hingga puncak tersebut mengingat ilmu yang dimiliki masih catak sehingga memutuskan untuk bertahan diri di lereng gunung kidul. untuk kembali ke kerajaan sudah tidak mungkin sama saja menyerahkan nyawanya.

ada dua fersi pada saat prajuritnya bertahan di lereng gunung kidul, yang pertama adalah karena putus asa, mengingat susahnya mencari makanan dikarenakan tempat yang gersang, dan unuk kembali kekerajaan tidak mungkin sedang melanjutkan perjalanan menyusul raja mereka juga tidak mampu lagi sehingga konon prajurit melaksanakan bunuh diri masal dengan cara menggantungkan diri di pohon. sedangkan versi yang kedua adalah para prajurit bersepakat untuk gantung diri agar nantinya bisa menjadi hantu yang dapat menghalangi pasukan musuh yang mencoba untuk mengejar raja mereka, selain menjadi hantu juga bentuk orang bunuh diri yang menggantung dipohon membuat para musuh ketakutan karena mereka berfikir bahwa hutan tersebut sangat angker.

hingga terciptalah sebuah mitos tentang hantu pulung gantung, ada yang mengatakan bahwa siapa yang melaksanakan ritual gantung diri akan diangkat menjadi prajurit penjaga gunung kidul di alam gaib, dan ada juga yang karena dipengaruhi oleh prajurit yang melaksanakan gantung diri masal tersebut.

]]>
https://sandekala.com/asal-usul-hantu-pulung-gantung/feed/ 0
asal usul hantu welthok https://sandekala.com/asal-usul-hantu-welthok/ https://sandekala.com/asal-usul-hantu-welthok/#respond Tue, 16 Oct 2018 07:38:57 +0000 https://sandekala.com/?p=233 jika anda pernah tinggal di daerah surabaya tentu pernah mendengar mahluk gaib yang menjadi cerita mistis masyarakat disana, yaitu hantu welthok. jenis hantu yang satu ini berwujud seperti anak kecil dengan anggota tubuh yang tidak sempurna, kepalanya tidak memiliki tempurung namun dapat mengeluarkan api.

hantu welthok sering menampakan dirinya pada waktu sandekala atau waktu pergantian antara siang dan malam. biasanya di sekitaran sungai atau tempat-tempat yang ada airnya, seperti parit. jika diamati sekilas memang seperti anak kecil yang sedang bermain air, namun hantu welthok sedang mencari udang untuk di bakar diatas kepalanya.

hantu ini jarang mengganggu manusia, akan tetapi suka terhadap anak kecil yang belum pulang kerumah pada senja hari, anak tersebut bisa saja diajakl main hingga lupa pulang kerumah dan tersesat dibawa kealam gaib. hantu ini merupakan hantu yang berasal dari kepercayaan masyarakat kota surabaya jawa timur.

]]>
https://sandekala.com/asal-usul-hantu-welthok/feed/ 0
asal usul hantu bengkek https://sandekala.com/asal-usul-hantu-bengkek/ https://sandekala.com/asal-usul-hantu-bengkek/#respond Tue, 16 Oct 2018 07:15:25 +0000 https://sandekala.com/?p=229 jenis hantu yang sempat viral di daerah kalimantan, merupakan penyebutan hantu yang berasal dari daratan kalimantan tepatnya di sungai pawan kalimantan barat. tidak seperti biasanya hantu yang suka keluar pada malam hari, hantu bengkek konon sering menampakan dirinya pada siang hari.

penampakan hantu bengkek sendiri menurut masyarakat setempat berwujud dengan muka menyeramkan karena biasanya hanya menampakan kepalanya saja sedang dari leher kebawah berada di air. ada yang mengatakan bahwa hantu bengkek adalah sesosook laki-laki ada juga yang mengatakan wanita berambut panjang.

diyakini juga bahwa hantu bengkek suka membunuh manusia yang tenggelam dengan memakan otak/ ubun-ubunnya. selain itu suka menjelma menjadi orang yang meminta tolong agar menarik perhatian masyarakat untuk menolong, sehingga dengan mudah hantu bengkek meraih orang tersebut kemudian menenggelamkannya.

selain sering menenggelamkan orang, menurut kepercayaan masyarakat setempat bahwa manusia yang tenggelam di sungai pawan ini di annggap sebagai tumbalnya hantu bengkek.

]]>
https://sandekala.com/asal-usul-hantu-bengkek/feed/ 0