Hantu jaring hujan panas kalimantan barat

Ada kepercayaan yang masih melekat di masyarakat kalimantan barat tentang keluarnya mahkluk gaib hantu pada saat hujan yang diselingi cahaya matahari. Suasana hujan biasanya di tandai dengan mendung yang menutupi sinar matahari ke bumi. Berbeda jika hujan tanpa mendung, matahari masih bisa menerangi sebagian permukaan bumi. Didaerah pesisir seperti kabupaten sambas, banyak yang mempercayai disaat hujan tanpa mendung alias hujan panas akan mendatangkan hantu yang menyeramkan.

hantu jaring hantu hujan panas

Sosok hantu tersebut di gelar hantu jaring, hantu hujan panas. Menurut cerita yang beredar konon penamaan hantu hujan panas berdasarkan kondisi alam seperti yang disebutkan diatas yaitu saat hujan diselingi panas matahari. Biasanya disaat hujan rintik-rintik. Hantu jaring demikian masyarakat daerah kalimantan barat menamainya. Konon hantu tersebut akan menebar jaring (jala) kepada siapa saja yang keluar disaat hujan panas.

Dengan jaring tersebut maka manusia yang terkena akan terasuki secara gaib, dengan tanda-tanda demam, mata merah dan mulut meracau. Begitulah mitos yang beredar. Jadi tidak heran sampai sekarang saja di zaman modern masih banyak yang takut melanggar pantangan tersebut. Sosok hantu yang memiliki jaring tersebut dapat menyebabkan manusia menjadi sakit.

Pengobatannya dengan memanggil orang pandai atau dukun, Pada saat pelaksanaannya sang dukun tadi akan mengeluarkan pisau yang akan didekatkan dengan orang yang terkena jaring hantu hujan panas. Jika memang terkena biasanya akan keluar rambut dari pisau yang digunakan tadi. Pada akhir ritual biasanya sang dukun akan memberikan air yang sudah di mantera-mantera dan diminumkan kepada yang sakit.

Tentu saja setelah ritual pengobatan tersebut dilakukan, si sakit akan di bawa kerumah sakit untuk pengobatan secara medis, Demikianlah misteri dan mitos tentang hantu jaring hantu hujan panas yang melegenda di daerah kalimantan barat.

Leave a Reply