Hantu kalimantan Jembalang Tanah penyebab kaki bengkak dan demam

Tanah kalimantan sebagian besar diisi hutan yang luas, lapangan kosong dan sebagian diisi rumah penduduk. Makanya dulu ada yang namanya program transmigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari daerah yang ramai ke daerah yang sepi. Dari jawa ke kalimantan. Bagi anda yang hobi mengekplortasi alam seperti pegunungan dan hutan, harus hati-hati jika tempat yang anda tuju adalah kalimantan.

Eksplorasi lahan berhutan di masa lalu adalah tugas yang sulit, di mana para pemukim dipaksa tinggal selama berbulan-bulan untuk menebang dan membersihkan kawasan hutan.

Pada saat itu, mereka sering berhadapan dengan binatang buas, bahaya ditimpa pohon, penyakit, dan bahaya lainnya. Dengan mengadakan ritual persembahan kepada jembalang tanah, mereka merasa berhak untuk menjelajahi daerah tersebut dan akan dijauhi dari bahaya seperti yang disebutkan atas. Bahkan, jembalang tanah pula akan melindungi keselamatan mereka. Dengan itu mereka lebih percaya diri untuk melanjutkan pembukaan lahan baru.

Jembalang tanah adalah sejenis siluman atau hantu yang hidup bebas dan tidak dipelihara oleh manusia. Tetapi jembalang tanah bisa dipelihara apabila diadakan ritual dengan mentera khusus dan dihidangkan makanan.

Jembalang tanah dikatakan akan murka jika kawasan mereka di masuki manusia, oleh setiap ada pembukaan lahan baru, persembahan makanan akan diletakkan didaerah tersebut untuk menghindari jembalang tanah mengamuk dan mendatangkan malapetaka kepada penebang kayu.

Asal usul

Hantu kalimantan Jembalang Tanah

Menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar, Mereka percaya bahwa jembalang tanah asal-usulnya berasal dari tali pusat bayi yang ditanam di hutan tersebut.

Hantu jembalang tanah dapat menyebabkan kaki korban bengkak bahkan lebih parahnya disertai demam panas yang tinggi. Sehingga mereka akan mengigau. Kalau sudah kejadian seperti itu biasanya akan dipanggil orang pandai yang akan mengobatinya secara adat setempat.

Demikianlah kisah dan mitos tentang hantu jembalang tanah yang banyak berada di daerah kalimantan. Cerita tentang hantu dan dunia gaib lainnya mungkin sulit terbukti secara ilmu sains modern. Akan tetapi keberadaan mahkluk lain yang tidak nampak oleh mata harus kita akui. Untuk itulah penting bagi kita untuk menjaga keseimbangan alam untuk tempat tinggal kita dan mereka. Walahualam.

Leave a Reply