hantu kuyang kalimantan yang paling seram

Cerita tentang hantu kuyang kalimantan memang telah melegenda. Bahkan banyak yang diangkat menjadi film. Mungkin karena hantu kuyang penampakannya paling seram. Dengan hanya kepala dan usus yang terburai mereka terbang dengan pola gerakan yang aneh yaitu kurva. Sebenarnya kuyang bukanlah hantu, jin atau siluman. Hantu kuyang adalah manusia biasa yg memiliki ilmu kuyang. Masyarakat kalimantan mempercayai ilmu kuyang adalah ilmu yg harus di turunkan kepada org yg masih satu garis darah dan harus wanita!!

hantu kuyang

foto hantu kuyang kalimantan

karena sifat ilmu ini yg harus di turunkan dan harus merupakan keturunan sedarah dan harus wanita. Karena  kemajuan ilmu teknologi dan wawasan serta agama, ilmu ini sudah sangat langka sekali (dan mungkin bisa dikatakan punah), karena biasanya si keturunan tidak mau menerima warisan ilmu tersebut.

Menurut kepercayaan orang kalimantan, Orang yang melihat kuyang terbang biasanya melihatnya seperti burung besar. Hantu ini berwujud kepala yang dilengkapi dengan organ dari leher sampai perut tetapi tanpa badan (hanya organnya saja). Terbang menggunakan telinganya yang lebar. Kuyang biasa ditemukan di kandang ayam, rumah bersalin dan rumah penduduk yang akan melahirkan.

Beda lagi dengan Ustad soleh, menyatakan “Kuyang itu Siluman dan Wanita”. Cuma kepala saja dan isinya tampak Kulit ada usus, Hati, semua di keluarin. Ini yang diungkapkan oleh ustad soleh fatih dalam tukul jalan-jalan ketika menyingkap misteri di jalan air hitam pontianak. Ustad soleh menambahkan “Sewaktu Hidupnya Ingin mempunyai Ilmu, tetapi Ilmu Hitam, ngga kesampean”.

Ciri umum pelaku ilmu kuyang ini adalah terdapatnya garis melingkar di pangkal leher yg cukup tampak, biasanya pelaku akan menutupinya dengan selendang.

Sering mengganggu hewan atau manusia yang akan melahirkan serta diyakini biasanya memakan telur ayam peliharaan penduduk. Menurut cerita, hantu kuyang memiliki badan seperti manusia dan pada saat akan mengganggu penduduk, kepalanya beserta organ dalamnya keluar dari tubuh.

Untuk membunuhnya dapat menggunakan daun jeruju atau duri dan dimasukkan ke dalam rongga tubuh yang ditinggalkan tadi. Ada juga yang mengatakan dapat dibunuh dengan memutar posisi badan yang ditinggalkannya.

Tari Kuyang

Kuyang yang berarti mahkluk yang hidup di 2 alam. Jadi Tari Kuyang mengandung arti tari untuk para mahkuk halus. Tari Kuyang ini merupakan sebuah tarian yang bertujuan untuk mengusir para hantu yang mendiami pohon-pohon besar dan tinggi agar tidak mengganggu para manusia dan orang yang menebang pohon tersebut. Karena dunia mistis di Indonesia sangat kental, sehingga lahirlah Tari Kuyang yang diajarkan secara turun temurun hingga sekarang. Para Suku Dayak mempercayai dengan tari ini, makhluk halus akan pergi dari pepohonan besar yang akan ditebang.

Leave a Reply