Keangkeran sungai kapuas dan puaka penunggunya

Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km yang terletak di provinsi sungai yang mengalir dari Kabupaten Melawi hingga muaranya di sekitar kota Pontianak disebut Sungai/Batang Lawai. kalimantan barat. Banyak kegiatan sehari-hari masyarakat yang menggunakan sungai kapuas sebagai jalur transportasi air.

sungai kapuas dan puaka penunggu sungai kapuas

Berbagai kegiatan sering dilakukan di sungai kapuas di tepian maupun di wilayah sungainya seperti Meriam Karbit yang biasa dilakukan menjelang idul fitri, Tari Melayu diatas SAMPAN, Tari Melayu diatas SAMPAN dan acara lainnya termasuk upacara adat.

Sungai kapuas juga dikenal daerah yang angker, kalau dikaitkan dengan dunia mistis. Konon banyak kejadian korban anak-anak meninggal ketika bermain di sungai yang dikaitkan dengan penunggu sungai kapuas. Menurut cerita dari mulut ke mulut masyarakat sekitar mempercayai bahwa sungai kapuas selalu meminta tumbal manusia. Mengerikan!!

Dalam setahunnya ada saja orang yang meninggal di sungai kapuas, dan terus berulang kali terjadi membuat orang kalimantan menyebut sungai kapuas adalah sungai yang angker karena banyak makluk gaib penunggu sungai. Pada desember tahun 2015 kejadian menakutkan kembali terjadi, yaitu dengan terbaliknya sebuah speed boat. Korban yang dilaporkan ada 10 orang. Hanya terbawa arus sungai kapuas.

Kalau dilihat secara kasat mata, mustahil rasanya sungai kapuas yang tidak ada gelombang dapat membalikkan speed boat. Kecuali ada tabrakan dengan sesuatu misalnya motor air, kapal ataupun barang hanyut. Atau bisa juga karena kerusakan tekhnis misalnya mesin atau kebocoran. Tapi hal itu juga serasa aneh di akal sehat kita.

Puaka penunggu sungai kapuas

1. Puaka Ular

puaka ular sungai kapuas

Dalam artikel kami sebelumnya sudah banyak kami kupas tentang puaka yang menghuni berbagai tempat di kalimantan, termasuk juga di sungai kapuas. Konon menurut mitos dan cerita para orang tua di kalimantan, sungai kapuas dikuasai oleh bangsa siluman yang di kalimantan di sebut puaka. Yaitu puaka ular. Raja dari puaka ini konon bandannya besar dan panjang, Kepalanya berada di panjur ajai yang terletak di tikungan sungai kapuas. Sedangkan ekor puaka berbentuk ular ini berada di daerah muara sungai sekayam. Jika terjadi air pasang di tikungan daerah pancur aji ini akan terdapat pusaran air yang besar. Anda bisa membaca Puaka berwujud ular penunggu sungai kapuas kalimantan barat.

2. Puaka ikan tapah

puaka ikan tapah

puaka ikan tapah di kalimantan barat di sungai ketapang, sungai sambas, sungai selakau dan sungai kapuas. Walaupun jarang mengganggu manusia tapi ada cerit tentang keangkeran dan keganasan puaka ikan tapah ini yaitu dapat membalikkan kapal yang ukuran besar. Pernah ada kapal yang tenggelam pada bulan ramadhan tepatnya hari ke 15. Kapal tersebut berlayar dari pelabuhan senghie menuju ke daerah ketapang. Konon kecelakaan ini disebabkan oleh puaka tapah. Demikianlah berdasarkan cerita penduduk kalimantan.

3. Puaka buaya

puaka buaya sungai kapuas kalimantan

Konon di sungai kapuas terdapat 3 puaka buaya penunggu dan penjaga sungai kapuas. Puaka ini menurut orang-orang tua jarang sekali terlihat. Tapi mereka sering menampakkan diri ketika acara tertentu di tepian sungai atau di sungai kapuas yang tidak melakukan ritual buang-buang.

Mungkin masih banyak lagi makluk gaib yang menjadi puaka di sungai kapuas.

Acara adat buang-buang

prosesi adat buang-buang terdiri dari sebutir telur ayam kampung mentah, sebutir buah pinang yang sudah masak, seulas sirih, sebotol kecil minyak bugis, sebatang lilin kuning (liling wanyi?), setumpuk berteh dan beras kuning, dan satu buah piring mangkok bewarna putih polos. Biasanya juga di lakukan di pinggiran sungai kapuas sebelum melaksanakan suatu acara pernikahan, acara besar maupun acara adat. Konon acara ini juga dikaitkan dengan persembahan agar puaka dan makhkluk gaib penunggu sungai tidak mendatangkan bencana dan mengganggu kehidupan manusia di sungai.

Keangkeran sungai kapuas mungkin bagi banyak orang tidak ada kaitannya dengan dunia gaib, akan tetapi banyak kejadian-kejadian aneh diluar akal sehat kita yang membuat kita mau tidak mau mempercayai keberadaan makhluk dari alam lain ini. Walahualam.

Leave a Reply