kelemahan hantu kuntilanak dan cara menangkap kuntilanak

Biasanya Kuntilanak atau Pontianak merupakan jenis hantu yang sangat umum diketahui oleh penduduk Kalimantan Barat bahkan oleh semua warga Indonesia. Kuntilanak (Pontianak) Hantu Pontianak sering digambarkan sebagai wujud wanita cantik yang berambut sangat panjang dan berbaju putih. Suara tertawanya seram dan kebanyakan meringkih. hantu kuntilanak sering ditemukan di hutan, pohon, rumah tua dan kuburan yang menjadi tempatnya bersemayan.

Banyak mitos tentang asal usul hantu kuntilanak ini, dari wikipedia disebutkan Kuntilanak (bahasa Melayu: pontianak atau puntianak) atau sering disingkat kunti adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir.

Nama “puntianak” merupakan singkatan dari “perempuan mati beranak”. Mitos ini mirip dengan mitos hantu langsuir yang dikenal di Asia Tenggara, terutama di Nusantara. Mitos hantu kuntilanak sejak dahulu juga telah menjadi mitos yang umum di Malaysia setelah dibawa oleh imigran-imigran dari Nusantara.

kelemahan hantu kuntilanak dan cara menangkap kuntilanak

kelemahan hantu kuntilanak

1. Benda Tajam

Menurut tradisi masyarakat jawa hantu kuntilanak mempunyai kelemahan yaitu takut dengan gunting, pisau dan paku. Sama juga dengan suku melayu yang selalu membawa benda tajam seperti jarum dan pisau untuk mengusir hantu kuntilanak. Biasanya benda-benda tajam tadi diletakkan di dekat wanita yang hamil dan dekat tempat tidur bayi.

2. Dibacakan ayat suci

Di dalam kepercayaan agama samawi (Islam, Nasrani, dan Yahudi), kuntilanak termasuk dari golongan jin kafir atau setan. Di dalam Islam, kuntilanak termasuk golongan jin dari jenis haffaf—jin yang suka mengganggu dan menakut-nakuti manusia—dan arwah—jin yang mengaku-ngaku sebagai orang yang telah tiada. Dan adapun cara menangkal menurut agama-agama samawi yaitu dengan cara berdoa terlebih dahulu sebelum berpergian.

Cara menangkap kuntilanak

Berdasarkan cerita dan mitos yang beredar, untuk menangkap kuntilanak kita perlu tahu titik terlemah mereka. Walaupun mereka takut dengan benda-benda tajam. Tapi untuk menangkap makhluk gaib seperti mereka tentu tidak mudah. Banyak versi tentang titik terlemah hantu kuntilanak seperti berikut ini:

Menurut kepercayaan masyarakat melayu untuk dapat melawan kuntilanak yaitu dengan menyerang tempat terlemahnya yaitu lubang yang ada di belakang leher kuntilanak. Menurut cerita lain dari wilayah indonesia lainnya, kelemahan kuntilanak terletak di bagian atas—bagian ubun-ubun—kuntilanak.

Leave a Reply