kumpulan mitos tentang makanan

Berbeda dengan mitos sebelumnya yang membahas tentang adab makan/ cara makan. mitos ini adalah tentang makanan yang dimakan manusia baik yang di telan maupun hanya sekedar dikunyah. karena ada aturan adat yang membuat batasan-batasan usia untuk sebuah makanan baik secara untuk kesehatan maupun kepercayaan akan akibat nantinya dimasa depan apabila melanggar. oleh karena itu melalui aritikel ini saya akan memberikan pengetahuan tentang mitos yang beredar di masyarakat tantang makanan.

Berdasarkan Mitos Ternyata tidak semua makanan yang bisa dimakan akan baik untuk dimakan. hal tersebut sering menjadi nasehat dan petuah para orang tua terhadap anaknya. makanan-makanan tersebut biasanya dimakan sesuai golongan usia, terlebih lagi apabila yang makan anak yang masih lajang atau gadis tentu lebih banyak lagi aturannya karena dipercaya berhubungan pada kehidupan masa depan setelah menikah nantinya.

berikut mitos tentang makanan tersebut:

1. Mitos Pamali Makan buah pisang bagian jantungnya
mitos ini dihkususkan untuk anak-anak yang belum menikah, dipercayai bahwa berdasarkan pendapat masyarakat apabila memakan jantung pisang maka kelak apabila sudah besar dan berkeluarga akan menjadi bodoh dan tidak pandai mencari pekerjaan.

2. Mitos Pamali Makan pisang bagian pinggirnya saja
mitos ini datang dari daerah sumatera, masyarakat disana percaya bahwa apabila memakan daging pisang pada bagian pinggiranya saja maka nanti akan selalu disisihkan dalam pergaulan dan sedikit temannya.

3. mitos makan pisang ambon setelah sunat
mitos ini berasal dari daerah jawa yang menyatakan apabila selesai sunat dan dalam masa penyembuhan dilarang makan pisang ambon, dipercaya nanti akan membengkak dan tidak sembuh-sembuh sakitnya.

4. mitos makan pisang dempet/ kembar
jika dulu di kampung orang tua membawa satu tandan pisang yang sudah masak dari kebunnya tentu anak-anaknya akan berlarian ingin memakannya, namun apabila ada pisang yang dempet atau kembar maka orang tua akan melarang anaknya agar tidak dimakan, dengan alasan nanti kalau memiliki anak maka anaknya akan kembar dempet tidak bisa lepas. oleh karena itu jika ingin memakannya hendaknya dipisahkan dulu pisang tersebut kemudian yang satunya di berikan ke saudaa yang lainnya.

5.Mitos Pamali Makan sirih bagi perempuan muda
mitos berikut ini juga berasal dari tanah jawa yang menyatakan apabila melanggar maka nanti pada saat menikah akan mengalami menstruasi yang lama sehingga tidak bisa menikmati malam pertama yang diidam-idamkan dalam menikah.

6. mitos makan tutup kelapa
apabila kita pernah membeli kelapa muda tentu ada bagian yang dipotong untuk membuka bagian isi kelapa tersebut agar airnya bisa diminum. ternyata berdasarkan mitos bagian daging kelapa muda yang menempel di bagian batok penutupnya tersebut tidak boleh dimakan oleh laki-laki perjaka/ lajang atau perempuan yang masih gadis. karena dipercaya oleh masyarakat bahwa kelak akan susah mendapatkan/ memiliki anak.

7. mitos memakan makanan sisa sesaji/ sesajen
makanan yang dulu sering dibuat untuk sesaji oleh orang tua maupun orang lain di tempat-tempat tertentu tentu akan mengundang nafsu karena jenisnya beragam dan terlihat enak untuk dimakan. ternyata berdasarkan kepercayaan bahwasannya makanan tersebut tidak boleh dimakan karena bekas mahluk gaib, jin atau arwah leluhur. jika dilanggar maka akan dihantui atau didatangi dalam tidurnya.

demikianlah kumpulan mitos tentang makanan yang sering kita jumpai di kehidupan kita dan sampai sekarang tradisi kepercayaan tersebut masih ada didaerah perkampungan.

Leave a Reply