manfaat dan khasiat brotowali

brotowali merupakan salah satu tumbuhan herbal yang memiliki banyak manfaat dan khasiat seperti mengobati reumatik, demam kuning, kencing manis, kudis dan luka. brotowali yang dalam bahasa latin disnamakan tinos pora crispa L miers, merupakan tumbuhan liar di hutan ladang dan juga kebanyakan sengaja di tanam untuk digunakan sebagai jamu atau bahan obat-obatan.

ciri-ciri tanaman brotowali adalah merupakan tanaman perdu yang menyukai tempat bdengan suhu panas, tumbuh memanjat dengan tinggi mencapai 2,5 meter . batangnya sebesar kelingking, berbintik-bintik rapat, dan memiliki rasa yang sangat pahit pada batangnya. daunnya tunggal, bertangkai bentuknya seperti jantung atau bendar telur berujung lancip dengan panjang 7-12 cm dan lebar 5-10 cm. bunganya kecil-kecil berwarna hijau muda dan berbentuk tandan semu.

berikut cara pengolahan tanaman brotowali sesuai dengan manfaat dan khasiatnya:

1. untuk obat reumatik dan demam kuning ( icteric). ambil satu jari batang brotowali lalu dicuci dan dipotong-potong, kemudian di rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 1/2 gelas, dan setelah disaring, minum 3x 1/2 gelas sehari dan tambahkan madu seperlunya.

2. untuk obat kencing manis, caranya sepertiga genggam daun sambiloto ditambah 1/2 genggam daun kumis kucing dan 6 cm batang brotowali dicuci dan di rebus bersama-sama dengan 3 gelas air hingg tersisa 2 gelas. minum setelah makan sehari 2 kali 1 gelas.

3. untuk mengobati penyakit kudis, caranya tiga jari batang brotowali ditambah belerang sebesar kemiri lalu dicuci dan ditumbuk selanjutnya remas dengan minyak kelapa dan lumaskan pada kulit yang terkena kudis. lakukan 2x sehari.

4. obat luka, caranya daun brotowali ditumbuk halus dan di balurkan pada luka, ganti setiap 2x sehari. untuk mencuci luka pakailah air rebuasan batang brotowali.

kandungan brotowali adalah, mengandung alkaloid, damar lunak, pati, glikosida, pikroretin, harsa, berberin, dan palmatin. sedangkan pada akarnya mengandung alkaloid berberin dan kolumbin.

Leave a Reply