manfaat dan khasiat daun bidara cina

bidacara cina merupakan tanaman perdu yang memiliki nama latin zizyphus mauritiana lamk. tanaman ini kaya dengan manfaat dan khasiat, diantaranya mengobati kencing nanah, asma, alergi, susah tidur dan lemah syaraf.

ciri-ciri tanaman bidara cina adalah memiliki kayu kuat dan dapat mencapai ketinggian 5-15 meter, daunnya bertangkai, bertulang tiga dan bergerigi lemah dengan permukaan bagian bawahnya berwarna putih. bunganya dalam payung tambahan, bertangkai pendek dan berambut seperti di vilt atau diketiak daun. daunnya berbentuk bulat telur, berambut coklat dengan garis tengah bunga0,5 cm. berkelopak hijau berlekuk lima,bertajuk segitiga dengan daun mahkotanya lima dan berwarna putih. memiliki buah batu berdaging berbentuk oval 1,5-2cm. pada awalnya buahnya berwarna kuning, namun kemudian berubah menjadi merah tua.

berikut beberapa khasiat dan manfaat serta cara pengolahannya tanaman bidara cina:

1. khasiat tanaman bidara cina adalah untuk obat kencing nanah, caranya 21 lembar daunnya ditumbuk halus kemudian direbus dengan dicampur 1 gelas susu murni selama 10 menit pada suhu 70°c. minum setiap pagi dan sore selama 3 hari.

2. untuk obat asma, alergi, susah tidur dan lemah syaraf, caranya 25 biji bidara dipecah kulitnya kemudian direbus dengan 3 gelas air hangat hingga tersisa 1 gelas, lalu minum air rebusan tersebut sebelum tidur secara rutin.

kandungan dalam tanaman bidara ciana :
– pada akarnya mengandung peptide alkaloid F,G,H, Frangulanine, adoutine X dan benzylisoquino line alkaloid 9 cociaurine.
– pada bijinya mengandung cyclic amp, acylated flavon C glicoside jujubosid A, jujubosid B.

Leave a Reply