Masalah wanita memperbaiki ciptaan Allah atau operasi wajah menurut islam

Maksud dari artikel ini adalah bagaimana hukumnya jika seorang wanita yang memperbaiki ciptaan Allah dengan merubah apa yang telah Allah berikan kepadanya seperti dengan mengoperasi wajahnya?

Jawabanya adalah bagi wanita yang menginginkan kecantikan dan keindahan wajahnya semakin bertambah menarik, hendaklah menggunakan cara alami seperti meminum jamu, berolah raga, membersihkan wajah, bersolek berbedak sewajarnya dan sebagainya. Sebab jika cara memperbaiki wajahnya dilakukan dengan cara mengoperasi maka hukumnya haram. Hal itu merupakan bentuk dari pengurangan dan penambahan ciptaan-Nya dan tanda bahwa pada diri wanita tidak ada perasaan bersyukur atas karunia yang telah Allah ciptakan yang telah menciptakan wajahmu dengan sempurna seperti mata, alisn, hidung dan mata serta lainnya. Dari itu kita sebagai wanita biasa yang tiada daya dan upaya kecuali dengan mendapat pertolongan dari-Nya hendaklah senantiasa mensyukuri dan berterimakasih atas nikmat yang begitu besar.

Akan tetapi, apabila cara memperbaiki wajahnya dengan tidak melakukan operasi seperti menggunakan bedak kecantikan, maka itu diperbolehkan dengan syarat tidak memiliki niat untuk menarik perhatian kaum laki-laki yang bukan muhrimnya.

Leave a Reply