mitos atau fakta memakai baju terbalik dapat mengakibatkan orang tua cepat meninggal

mungkin ada sebagian orang dari tanah jawa yang pernah mendengar pesan ini. mitos atau fakta sebenarnya, berdasarkan pengakuan dari para orang-orang sepuh bahwa pesan ini di sampaikan kepada anak-anaknya agar jangan memakai baju terbalik, karena membawa pesan/ firasat yang sangat besar yaitu dapat menjadikan orang tua cepat meninggal. memang terdengar lucu dan janggal, karena rata-rata orang mati itu karena sakit atau memang sudah takdirnya, namun kenapa orang jaman dahulu membuat sebuah larangan sepele namun berakibat fatal. hingga sampai saat ini larangan tersebut dianggap sebuah mitos saja.

berdasarkan pengakuan dari orang-orang dahulu, mereka mengikuti aturan tersebut karena dampaknya yang buruk oleh karena itu dari pada melanggar maka orang-orang lebih baik menuruti wangsit tersebut. mengenai faktanya memang untuk sekarang ini belum ada yang meyakinkan akan keterkaitan kematian dengan mitos tersebut. bahkan banyak yang secara sengaja memakai baju terbalik atau karena tidak mengenal mitos ini.

secara logika mungkin dari pesan tersebut membawa pesan moral yaitu agar kita senantiasa menggunakan baju semestinya dan tidak boleh di balik-balik. dan kenapa orang dahulu mengaitkan dengan kematian? maka hal ini yang perlu kita mawas diri, sehingga kita yang telah mengetahui petuah tersebut selain menghindari hal yang buruk setidaknya bertujuan agar tampil dengan wajar dan lumrah.

jadi berdasarkan kajian pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa pesan tersebut merupakan sebuah mitos dan bukan fakta, karena timbulnya dari sebuah kepercayaan yang dibawa turun-temurun tanpa ada kepastian yang jelas.

Leave a Reply