Mitos bunga kusuma arti dan cara memetiknya

Konon zaman dulu raja-raja di Indonesia yang akan naik tahta harus memetik bunga Wijaya Kusuma dalam keadaan mekar. Bunga Wijaya Kusuma hanya akan mekar sesaat dan waktunya pada malam hari saja. Biasanya bunga Wijaya Kusuma banyak tumbuh dikarang.

Masyarakat Jawa meyakini bahwa barang siapa yang berkesempatan menyaksikan kembang wijaya kusuma mekar memiliki arti pemiliknya akan kaya. Karena itu banyak yang sengaja menanam bunga wijaya kusuma di pekarangan.

Tetapi tetap saja, tidak banyak orang benar-benar berkesempatan menyaksikannya tengah mekar. Malah seringnya si bunga ini seperti menolak mekar sama sekali.

Ada salah satu mitos yang cukup terkenal yaitu jika bunga ini sedang berkembang, maka pemilik dari bunga ini akan mendapatkan rejeki yang berlebih. Sehingga banyak masyarakat di pulau Jawa percaya bahwa siapa saja yang bisa melihat mekarnya bunga Wijaya Kusuma maka maka ia akan mendapatkan rejeki. Khasiat bunga wijaya kusuma sangat dekat dengan wibawa dan kekuasaan. Para raja tanah Jawa sampai diharuskan memetik bunga ini pada saat penobatan.

Cara memetik bunga wijaya kusuma

Pada zaman kerajaan jawa, untuk memetik bunga wijaya kusuma tidak bisa sembarangan. Cara memetiknya pun harus langsung ke Nusakambangan. Lalu berjalan kaki mulai dari Surakarta, Boyolali, melewati Puncak Merapi, Magelang, Wonosobo hingga Cilacap. Untuk mencapai Pulau Nusakambangan, para utusan ini harus menyeberang dua kali sebelum bisa mendaratkan kaki di Pulau Karang Bandung. Di pulau inilah Bunga Wijaya Kusuma dapat diperoleh.

bunga wijaya kusuma

Doa

Ritual-ritual yang dilakukan oleh sang utusan raja termasuk rumit, harus ada pembacaan doa khusus dan Bagi para utusan keraton yang dipercaya mencari kembang wijaya kusuma, terlebih dulu mereka harus berpuasa sebelum keberangkatan.

Pulau Nusakambangan adalah salah satu tempat dimana bunga Wijaya Kusuma tumbuh, namun selain di pula Nusakambangan banyak pula terdapat di pulau Kepulauan Seribu, Karimunjawa, Madura dan Bali. Jika menilik asal dari bunga ini adalah dari daratan Amerika Selatan, yang kemudian menyebar ke Cina dan masuk ke Indonesia di jaman Majapahit.

Arti dan Makna bunga wijaya kusuma

Tanaman ini diberi nama wijayakusuma, artinya ‘bunga kejayaan’. wijayakusuma hanya mekar setahun sekali. Biasanya bunga ini mekar pada malam hari. Begitu matahari terbit, bunganya layu dan menguncup kembali.

Sejarah

Bunga wijayakusuma dianggap memiliki berkah oleh orang Jawa. Dalam pewayangan bunga ini disebut sebagai pusaka milik Bathara Kresna, titisan dewa Wisnu sang pemelihara alam semesta. Dalam budaya keraton Yogyakarta dan Surakarta, calon raja yang baru diharuskan memetik bunga wijayakusuma yang mekar sebelum naik tahta.

Leave a Reply