Mitos burung hantu

Burung hantu sebagai pemberi tanda (firasat) buruk termasuk kematian. Bahkan banyak yang beranggapan burung hantu merupakan penjelmaan hantu atau binatang peliharaan hantu. Mitos ini semakin mengukuhkan nama burung ini sebagai burung hantu. Sebutan burung hantu pun beragam mulai dari celepuk, serak, jampuk, kokok beluk, beluk ketupa, dan punggok atau pungguk.

Seperti masyarakat jawa yang selalu mengaitkan burung ini dengan berbagai macam hal seperti munculnya sosok astral apabila ada burung hantu. Bahkan tidak hanya di pulau Jawa, salah satu daerah seperti di Bali.

orang jawa meyakini bahwa mitos dari burung hantu ini sangat berkaitan erat dengan makhluk astral. Salah satu kepercayaan yang sampai saat ini masih dipegang teguh oleh masyarakat jawa yaitu sebagai lambang kematian. Mitos burung hantu yang satu ini konon merupakan burung pemanggil roh. Jadi bila ada burung Hantu di sekitar rumah, berarti ada orang yang akan meninggal di rumah tersebut beberapa hari kedepan. Bahkan ada mitos yang lebih ekstrim. apabila kita menirukan suara burung Hantu tetapi si burung tidak menjawab maka hal tersebut berarti bahwa kita akan mati dalam beberapa hari kedepan.

Burung umumnya dianggap sebagai utusan antara dunia roh dan dunia materi kita. Karena burung hantu adalah burung nokturnal dan terbang pada jam-jam malam yang penuh kegelapan, mereka juga telah dikaitkan dengan penyihir dan sihir. Dulu orang menganggap bahwa melihat burung hantu yang terbang di sekitar rumah adalah pertanda akan terjadi kematian dalam keluarga.

Burung hantu telah muncul dalam banyak mitos dan takhayul sejak zaman kuno. Dalam beberapa budaya burung hantu dianggap membawa keberuntungan, sementara di budaya lain burung ini dianggap sebagai pertanda nasib buruk dan bahkan kematian.

Di Yunani Kuno burung hantu dianggap sebagai burung bijaksana yang terkait erat dengan dewi kebijaksanaan Athena. Athena diadopsi sebagai dewa pelindung kota Athena saat ia memenangkan kontes dengan dewa Poseidon untuk memberikan persembahan paling berguna bagi kota.

Mitos burung hantu dan artinya

mitos burung hantu

Pertanda ada hantu

Saat terdengar suara burung hantu banyak yang percaya bahwa sedang muncul penampakan hantu.

Suara burung hantu sedang memanggil roh

Menurut mitos ini jika ada orang yang menirukan suara burung hantu dan sang burung tidak segera menyahut berarti si orang tersebut akan segera meninggal.

Pertanda ada orang hamil

Jika suara burung hantu terdengar, menurut mitos ini berarti di sekitar tempat itu tengah ada wanita yang mengandung (hamil).

Mimpi bertemu burung hantu

Jika mimpi bertemu burung hantu bermakna akan kehilanggan barang dengan paksa (dirampok).

Burung hantu masuk rumah

burung hantu yang masuk ke dalam rumah. Sama halnya dengan buruk gagak, burung hantu juga dikatakan membawa energi negatif. Bila burung ini masuk rumah, artinya pemilik rumah akan segera mendapat kabar yang kurang baik bahkan sangat menyedihkan.

Burung di atap rumah

Pertanda atau firasat buruk, dimana berkaitan dengan berita duka. Tidak selalu dari penghuni rumah, namun juga bisa pertanda akan ada kematian dari sanak kerabat yang jauh.

Leave a Reply