mitos burung tekukur (derkuku)

Burung tekukur atau yang dikenal dengan nama lain burung derkuku adalah burung biasa, yang tidak memiliki suara yang indah. Burung ini tidaklah mahal dibandingkankan burung perkutut misalnya. Akan tetapi tahukan anda apa keistimewaan burung ini berdasarkan metafisika. Burung ini dapat melindungi pemiliknya dari santet.

burung dekukur (perkutut)

Burung tekukur berbeda dengan burung burung perkutut. Saat melihat sekilas antara kedua burung ini, mungkin akan sangat sulit untuk membedakannya, karena memang tingkat kemiripannya yang cukup tinggi. Untuk membedakan antara kedua burung, antara burung perkutut dan tekukur yaitu burung tekukur memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, bulat, dan lebih panjang dari pada burung perkutut. Dari penampilan fisik yang lain misalnya burung tekukur, memiliki ciri fisik yang lebih mencolok yaitu adanya semacam bulu halus berwarna putih berbintik hitam di sekitar leher bagian belakang tubuhnya. Perbedaan selanjutnya adalah dari suaranya.

Mengenai mitos burung perkutut yang konon mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya bisa anda baca pada artikel Mitos Tentang Burung Perkutut.

beberapa orang yang hingga saat ini masih setia memelihara burung tekukur dengan alasan dan mempercayainya bahwa merawat dan memelihara burung tersebut bisa memberikan keselamatan bagi pemiliknya. Beberapa diantaranya bisa terhindar dari bala bencana dan bahaya dan juga menurut kepercayaan bisa menolak santet.

Artinya ketika ada orang yang memiliki niat jahat kepada seseorang dengat santet, namun lantaran yang akan disantet memiliki burung tekukur maka si pemilik tersebut berkat memelihara tekukur bisa terhindar dari niat jahat orang yang akan menyantet tersebut.

Burung tekukur banyak dipelihara oleh orang Jawa karena memiliki banyak keutamaan dalam mitos Jawa yang menganut Prinsip “Limo Wasto”. dari “Limo Wasto”, tekukur dianggap menjadi kukila atau burung yang paling cocok dipelihara oleh seorang pria.

Hal ini berhubungan dengan pakem orang Jawa yang menganut Prinsip “Limo Wasto” yaitu 5 Hal yang membuat hidup seorang pria sempurna. Kelima hal tersebut adalah:

– Wisma (rumah/tempat tinggal)
– Curigo (keris/ senjata andalan
– Kukila (burung)
– Turangga (kuda/ kendaraan)
– Gangsa (gamelan)
– Garwa (istri/pendamping hidup).

Demikianlah mitos tentang burung derkuku atau tekukur sebagai burung penolak santet. Semoga informasi ini dapat menambah khazanah pengetahuan yang berguna bagi kita semua.

Leave a Reply