mitos keramas malam hari

Kalau ingat mitos ini inget jaman dulu ketika masih kecil, ada saja orang tua mengingatkan anak-anaknya dengan berbagai mitos yang kadang waktu itu berpikir apa benar apa tidak. namun karena alasan mematuhi perintah orang tua maka semua nasehat selalu didengar. salah satu mitos yang masih teringat adalah tentang larangan keramas pada malam hari dan apabila di langgar maka bisa terkena sakit rematik secara kesehatan dan di datangi hantu secara mistis.

dari dua permasalahan diatas mari kita kaji satu persatu, yang pertama berdampak sakit rematik. mitos disini bisa digambarkan benar dan juga tidak karena perjalanan waktu dan era yang dapat merubah segalanya. kemungkinan pada waktu dulu orang tua berpendapat demikian karena beberapa faktor. contoh malam hari cuaca yang dingin atau air yang dingin, mereka mengibaratkan badan adalah sebuah besi yang seharian telah bekerja dan tubuh menjadi panas ketika itu tiba-tiba badan dan kepala terkena air dingin karena keramas.maka dari itu seluruh susunan saraf dari otak kepala akan tegang dan kaget maka bisa berakibat sakit pada persendian dan inilah mengapa dibilang reumatik. namun berbeda dengan jaman sekarang yang sudah ada pemanas air atau mandi air hangat ketika malam sehingga untuk keramas pun menggunakan air hangat sehingga hal yang ditakutkan bisa teratasi. kemudian pengaruh kebiasaan, jika manusia sudah biasa melakukannya keramas pada malam hari maka kemungkinan tubuhnya sudah kebal dengan air dingin pada malam hari.

yang kedua mengenai mitos yang berdampak mistis yakni kalau keramas malam hari bisa di datangi hantu saat mandi. tentang pernyataan ini masih menjadi misteri karena sajauh ini yang saya dengar dan orang tua sampaikan hanya dari mulut kemulut belum ada bukti yang pasti. mengingat biasanya hal-hal yang berbau dunia gaib sangat susah di pastikan.

saran saya sebagai penulis jika anda terpaksa harus keramas malam hari karena dari pagi hingga sore bekerja maka sebaiknya gunakan air hangat atau setidaknya basahin dulu kepalanya pelan-pelan sehingga jaringan saraf tidak kaget. namun apabila keramasnya pada waktu dini hari sebaiknya di urungkan saja hingga pagi hari. karena waktu dini hari adalah waktu paling dingin dan cuaca malam yang kurang bagus untuk mandi.

Leave a Reply