mitos legenda danau toba yang penuh misteri

Danau toba merupakan sebuah danau terbesar yang terletak di provinsi sumatera utara , tempat ini sekarang menjadi daerah wisata yang paling favorit di indonesia. keindahan alam serta pesona wisatanya sudah terkenal di manca negara. namun dibalik keindahannya tersebut ternyata danau toba menyimpan sejuta misteri yang masih menjadi kepercayaan suku setempat dan perdebatan paranormal akan siapa penunggu dan legenda yang menyatakan hingga terjadinya sebuah danau. meski secara ilmiah bahwa danau tersebut terjadi karena faktor alam, akan tetapi masyarakat mempercayai bahwa ada sebuah mitos tentang legenda danau toba.

berdasarkan cerita rakyat tentang legenda asal usul danau toba, bahwasannya mitosnya danau toba berasal dari sebuah keluarga toba. kala itu ada seorang pemuda sebatang kara yang bernama toba sedang mencari ikan di sungai dan mendapatkan seekor ikan mas yang besar dan sangat indah, karena sisiknya berkilat. ketika toba hendak memotong ikan tersebut untuk dimasak, tiba-tiba menjelma menjadi seorang permpuan cantik. karena ketertarikan toba akhirnya mengajak menikah namun ada syarat yang harus dipegang toba yakni apapun terjadi tidak boleh menyebut asal istrinya. karena jika dilanggar maka akan menyesal seumur hidupnya. seiring berjalannya waktu mereka dikaruniai seorang anak laki-laki dan diberi nama samosir. ketika toba berada di ladang samosir di suruh ibunya untuk mengantar makanan, namun karena kenakalan samosir makanan tersebut dimakan dan ketika sampai pada bapaknya tinggal sisa. akhirnya toba marah besar dan mengucapkan sebuah kata-kata yang merupakan larangan dari syarat yang di berikan istrinya sebelum menerima lamarannya. akhirnya samosir si anak mendengar bahwa dirinya adalah anak seekor ikan lari kembali kerumah dan mengadukan kepada ibunya. toba juga menyesal telah melontarkan kata-kata itu. lalu si ibu mendengar cerita anaknya maka meraih tangan samosir untuk segera lari keatas bukit paling tinggi. disanalah sang ibu melompat kesungai dan menjelma menjadi ikan kembali, seketika itu juga datang hujan dan badai serta air bah yang menenggelamkan pulau tersebut sehingg terjadilah sebuah danau yang juga telah menenggelamkan toba. sedangkan bukit yang di tempati anaknya dinamakan samosir karena tidak ikut tenggelam semua. sejak saat itu danau tersebut dinamakan danau toba.

menurut mitos bahwasannya danau toba memiliki penunggu yakni seekor ikan mas yang berukuran sangat besar. hal ini dipercaya oleh masyarakat setempat dan paranormal yang berada di sekitar danau toba. belum lama ini juga ada kejadian yang di kaitkan dengan mitos tersebut, salah satu warga bernama tao silalahi yang mendapatkan ikan mas raksasa seberat 14 kg. menurut pengamatan dari ahli spiritual dan kepala suku disana bahwa ikan mas tersebut adalah ikan jelmaan penunggu danau toba, oleh karena itu disarankan untuk melepasnya kembali. namun tao silalahi tidak melepaskannya. tidak selang beberapa lama kurang lebih 1 jam terjadilah sebuah angin yang menenggelamkan kapal MV. sinarbangun belum lama ini dan menelan korban jiwa hingga ratusan.

berdasarkan kejadian tersebut, masyarakat di sekitar danau toba sangat mempercayai mitos ini. bahwasannya danau tersebut di huni oleh sang penunggu yakni ikan mas raksasa. sebagai manusia awam mungkin hal ini hanyalah sebuah karangan cerita fiksi, akan tetapi jika kita tidak mempercayai maka kita juga harus yakin bahwa manusia hidup di dunia tidaklah sendiri melainkan ada mahluk lain yang selalu berada disekitar kita yakni mahlik gaib seperti jin dan setan. dan umur mereka jauh lebih tua dari kita dan keberadaan mereka lebih duluan dari pada kita. oleh karena itu setiap tempat setiap lokasi kita harus ucapkan permisi sebagai wujud menghargai kepada mahluk sebelum kita, agar tidak terjadi perkara yang merugikan.

Leave a Reply