mitos makan bagian daging ayam

Ternyata daging ayam selain menjadi makanan favorit juga menyimpan banyak mitos. karena tidak semua bagian pada ayam dapat di makan anak-anak, hal tersebut didasarkan pada kepercayaan masyarakat yang sudah turun temurun di sampaikan kepada anaknya. oleh karena itu anda agar hati-hati dalam memilih ayam yah. namun apabila sudah dewasa tidak masalah semua dimakan yang penting jangan bulunya dimakan.

Berikut Mitos tentang makanan bagian ayam:

1. Mitos anak-anak Pamali Makan sayap ayam (swiwi)
jika anda makan sayap ayam maka dipercaya kelak jika sudah menikah akan ringan tangan/ suka memukul anak dan istrinya.

2. anak-anak tidak boleh makan bagian belakang ayam/ brutu
saat saya kecil dulu, orang tua selalu berpesan saat menyajikan hidangan masakan daging ayam bahwasannya jangan memakan brutu karena nanti setelah besar pikirannya tidak tegas dan suka berubah-ubah pikirannya.

3. mitos makan kepala ayam bagi anak-anak
“nak, kepalanya jangan dimakan yah pamali, biar dimakan bapakmu aja” itulah yang sering di pesankan ibu saat menyajikan masakan ayam. dari dulu saya bertanya-tanya apa sebenarnya maksud dari perkataan ibu tersebut. ternyata hal tersebut adalah mitos yang mengatakan jika dimakan kelak apabila sudah besar banyak omong atau mulutnya gak bisa diam.

4. mitos makan leher ayam
sama halnya dengan bagian kepala ayam yang dilarang untuk dimakan anak-anak, ternyata leher ayam juga memiliki mitos yakni apabila dimakan nanti kepalanya bisa tengleng atau miring.

5. mitos makan kaki ayam (ceker)
ternyata berbeda dengan mitos sebelumnya yang dilarang dimakan, kalau ceker ayam malah dianjurkan karena apabila sudah besar nanti pintar mencari rejeki, seperti digambarkan oleh ayam saat mencari makanan menggunakan kakiknya (koreh)

6. mitos yang punya penyakit dalam tidak boleh makan jerohan
jerohan adalah bagian ayam yang berada di dalam seperti usus, jantung, hati, paru dll. berdasarkan kepercayaan orang tua dahulu bahwasannya orang yang memiliki penyakit dalam dilarang memakannya karena bisa kambuh lagi. sedangkan dari ilmu kesehatan di ketahui bahwa jerohan ayam banyak mengandung penyakit yang dibawa saat ayam tersebut masih hidup.

berdasarkan pengetahuan diatas dan setelah saya besar baru tau alasan yang jelas dan logika, baik brutu, kepala, leher, sayap memang bagian ayam yang paling enak enak namun banyak dipenuhi tulang sedang brutu tempat keluarnya kotoran. jadi apabila dimakan sama anak-anak takut tersedak tulang-tulang kecil yang ada dibagian ayam tersebut.

Leave a Reply