mitos menyisir rambut di malam hari

Pernahkah anda berfikir jika ternyata menyisir rambut tidak boleh dilakukan sembarangan, ada waktu-waktu tertentu yang dilarang berdasarkan petuah para leluhur dan hukum adat. mitos ini sudah ada sejak lama sekali dan di wasiatkan kepada para orang tua untuk anak-anaknya agar kelak selalu mengikuti pemahaman tersebut. waktu yang dilarang untuk menyisir rambut adalah malam hari. apa sebenarnya maksud dari mitos tersebut, berikut telah kami rangkum berdasarkan informasi kepercayaan orang-orang dahulu mengenai mitos menyisir rambut di malam hari.

asal-usul mitos larangan menyisir rambut di malam hari merupakan kepercayaan masyarakat tanah jawa, kurang lebih ratusan tahun yang silam tepatnya jaman kerajaan kuno. pada saat itu masyarakat belum mengenal adanya listrik seperti sekarang ini. mereka masih menggunakan penerangan lampu dari minyak tanah (lentera/ obor). oleh karena itu pada saat malam akan terasa gelap dan remang-remang karena daya pengaruh lampu minyak tidak seperti lampu listrik. biasanya kalau sudah jam-jam malam dan hendak mau tidur penerangan tersebut dimatikan guna mengirit minyak tanah.

berdasarkan kondisi yang ada saat itu maka mitos menyisir rambut di malam hari dilarang, dikarenakan suasana yang gelap, kemudian orang-orang yang memiliki cermin juga terbatas hanya golongan keluarga bangsawan yang punya. bahkan konon jaman dulu orang menggunakan air untuk bercermin. dan apabila hendak bepergian malam hari maka rambutnya dibungkus menggunakan kain. selain karena lusuh tidak disisir juga apabila rambutnya di gerai di luar rumah pada saat hari gelap aka dianggap hantu bagi yang tidak mengetahui.

sedangkan berdasarkan dunia mistisnya bahwa menyisir rambut pada malam hari ada hubungannya dengan hal gaib, dan mitos inilah yang berkembang turun temurun hingga ke kita sekarang. seperti yang di pesankan ibu atau nenek kita agar tidak menyisir rambut di malam hari karena akan di datangi hantu kuntilanak. seperti yang di lansir oleh jelajah misteri bahwa kesukaan kuntilanak adalah menyisir rambut pada malam hari sambil bernyanyi kidung lagu-lagu jawa. untuk menghindari mahluk gaib tersebut tidak merasuki wanita yang menyisir dimalam hari maka para orang tua melarangnya.

benar tidaknya mitos tersebut masih menjadi misteri hingga sekarang. apabila kita tidak mempercayainya maka ambil dari segi positifnya, yakni kemungkinan orang dahulu melarang putrinya keluar rumah pada malam hari. karena kebiasaan wanita jika hendak keluar rumah pasti suka bersolek termasuk merapihkan rambutnya. maka dengan pernyataan tersebut dapat menghalangi keinginan anaknya untuk keluar rumah pada malam hari dikarenakan tidak boleh berdandan dengan rapih/ menata rambutnya.

Leave a Reply