mitos potong rambut malam hari

Dahulu selagi kita masih kecil, sering sekali di ingatkan oleh orang tua yang berhubungan dengan mitos, salah satunya yakni mitos larangan potong rambut malam hari. hingga kini ternyata nasehat tersebut masih dipercaya, namun saya akan membedah misteri ini dengan berbagai analisa diantaranya ilmu logika, agama islam dan pesan moral.

apakah boleh potong rambut di malam hari? jawabanya ada dalam penjelasan saya ini, pada jaman dulu orang melarang malakukan kegiatan di malam hari karena keterbatasan dari penerangan. orang lebih memilih bertamu ketempat tetangga-tetangg atau istirahat dari pada memotong rambut. alasan lain berdasarkan mitos yang berhubungan dengan hal gaib bahwasannya memotong rambut dimalam hari akan berakibat mimpi didatangi hantu menakutkan. namun berjalannya waktu sekarang ini sudah banyak dibuka salon, tukang potong rambut yang buka hingga malam hari. dikarenakan pada waktu siang orang menggunakan waktunya untuk bekerja, oleh karena itu tentu memilih waktu pada malam hari untuk merapihkan rambut.

selain menjadi mitos yang melekat hingga sekarang ini, anggapan pamali potong rambut malam hari, juga secara logika, kemungkinan apabila tidak dibersihkan maka saat tidur bekas potongan rambutnya akan berserakan dan gatal di badan. karena mitos mandi malam hari juga berhubungan erat. bedasarkan pernyataan ini maka bisa disimpulkan bahwa boleh tidaknya memotong rambut terletak pada kepercayaan diri kita masing-masing. karena mitis tersebut juga tidak ada yang bisa digunakan sebagai landasan atau dasar tertulis.

hanya saja apabila perempuan sedang hamil akan memotong rambutnya dimalam hari maka lebih baik di urungkan saja, karena bukan mempercayai akan tetapi menghindari firasat buruk yang kemungkinan terjadi berdasarkan mitos yang dibawa para leluhur kita.

sedangkan hukum potong rambut malam hari menurut islam, adalah syah-syah saja. hanya yang diutamakan adalah hari jumat karena akan menjadi sunnah. oleh karena itu bagi anda yang akan memotong rambut lebih baik cari hari jum’at agar mendapatkan pahala.

Leave a Reply