mitos tentang aturan makan

Mungkin sekarang ini kita melupakan pesan-pesan orang tua kita jaman dulu masalah makan. sering kita melihat orang-orang makan dengan nikmatnya namun mereka lupa akan aturan dan mitos tentang makan tersebut, karena menurut orang tua jika di langgar akan ada akibat sesudahnya. mari kita ingat-ingat lagi pesan-pesan tersebut agar senantiasa kita tidak salah dalam melakukan suatu kegiatan karena pengaruh-pengaruh budaya luar yang sering kita ikuti.

makan merupakan kegiatan hari-hari manusia, karena dengan makan maka tubuh akan sehat, bertambahnya energi dan mengisi jaringan tubuh kita untuk tumbuh dan hidup. namun dibalik kegiatan makan, ternyata ada aturan yang harus kita ketahui berdasarkan mitos jawa selama ini yang sering disampaikan oleh orang tua atau leluhur kita. baik secara kesopanan maupun secara tata krama yang baik dalam adab makan.

Berikut mitos tentang makan:

1. makan tidak boleh bersuara
tradisi ini merupakan tradisi dari orang tua yang dikaitkan dengan mitos, meskipun tujuan sebenarnya adalah agar kita memahami adab cara makan yakni untuk kesopanan. tidak boleh bersuara seperti berdecap, mengecap (ceplak) atau tidak boleh ada suara baik dari saat mengunyah makanan maupun saat alat makan beradu ketika sedang mengambil makanan. hal ini ternyata aturan yang dipakai oleh keluarga kerajaan jaman dulu, namun masyarakat juga ingin memetik atau mengikuti ajaran tersebut karena dianggap sangat baik, selain untuk kesopanan juga mengetahui karakter seseorang. sedangkan berdasarkan mitos apabila saat anda makan mengeluarkan kebisingan atau suara maka tandanya bahwa anda termasuk orang yang tidak bisa menghargai hasil karya orang lain.

2. makan tidak boleh sambil ngobrol
mitos ini bukan lagi hal yang baru kita dengar, akan tetapi setiap orang tua berpesan saat kita makan adalah agar jangan sambil berbicara, bercanda, bergurau, tertawa atau mengobrol. meski apabila dilihat dari sisi medis atau kesehatan adalah agar tidak tersedak makanan, ternyata berdasarkan mitos bahwa apabila anda makan sambil ngobrol maka kelak rezekimu akan diambil orang karena tidak menghargai dan menghormati rizki yang telah Allah berikan.

3. marah-marah didepan makanan
mitos ini hampir sama dengan makan tidak boleh sambil ngobrol, akan tetapi jika anda sedang atau sambil marah-marah maka dianggap tidak menghargai rezeki yang telah Allah berikan untuk anda. dipercaya jika hal tersebut anda lakukan maka selain rezeki akan menjauh juga akan berdosa dan dijauhkan dari nikmat Tuhan.

4. makan sambil berjalan
sering kita melihat orang-orang makan sambil berjalan bahkan ada yang sedang mengunyah sambil lari. selain secara kesopanan tidak etis ternyata ada mitos yang mengatakan bahwa apabila anda memakan sesuatu sambil berjalan atau lari maka kelak hidupnya akan selalu kekurangan mekipun berharta akan tetapi tidak bisa menikmatinya.

5. makan sambil tidur
sebenarnya jika dilihat dari ilmu kesehatan sudah dapat kita simpulkan bahwasannya apabila makan dilakukan sambil tidur ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi yaitu tenggorokan bisa tersedak, kemudian jalannya makanan yang masuk ke perut melalu usus tidak maksimal, apabila sampai ketiduran dan makanan masih berada didalam mulut kemudian mulut terbuka maka dikhawatirkan akan ada binatang yang memasuki mulut. sedangkan berdasarkan mitos bahwa tidak boleh makan sambil tidur karena usaha, ternak, pertanian anda tidak akan berhasil dan anda akan hidup merugi.

6. makan tidak habis
mitos ini mungkin sering anda dengar, biasanya yang sering menasehati adalah ibu ” nak makannya dihabisin nanti kalau tidak ayamnya mati”. tapi secara logika bahwa makanan yang tidak habis bisa di kasih untuk makan ayam. ternyata arah dari nasehat orang tua tidak mengarah kesana melainkan bahwa rezeki digambarkan dengan ayam karena biasanya anak kecil tidak memahami rezeki, dan arti sebenarnya adalah rezeki anda akan dikurang atau akan di persempit rezekinya karena sudah di beri takaran akan tetapi anda tidak menghabiskannya.

7. selesai makan sendok dan garpu tidak boleh diletakan tengadah
mungkin mitos ini jarang anda dengar, akan tetapi ini merupakan mitos yang penting selain menjadi aturan tradisi makan juga ada firasat dibalik mitos tersebut. bahwa apabila selesai makan sendok dan garpu diletakan harus tengkurap adalah agar kita merasa kenyang lebih lama, namun pabila sendok dan garpu tengadah maka dipercaya meskipun sudah kenyang, sebentar lagi akan terasa lapar lagi.

8. makan di pintu
biasanya mitos tentang makan di pintu sering dilontarkan oleh para orang tua kepada anak gadisnya. selain berdasarkan logika apabila makan dipintu akan menghalangi orang masuk ternyata dipercaya jika dilakukan oleh anak gadis maka kelak akan mendapatkan jodoh seorang duda.

9. mitos makan dikamar
sebenarnya selain mitos memang dilarang makan dikamar karena akan kotor kemudian mengundang serangga untuk masuk kekamar, dan dikhawatirkan pada saat kita tertidur serangga itu masuk kedalam tubuh kita baik semut, kecoa dll.

10. Mitos Pamali Makan memakai tutup sebagai piring
apabila tadi makan di depan tengah pintu mitos untuk anak gadis maka makan menggunakan alat selain piring seperti tutup makanan, baskom dll adalah untuk anak lajang/ bujang, dipercaya oleh para orang tua jika dilakukan maka kelak akan menikah dengan seorrang janda atau orang yang sedang hamil oleh kelakuan orang lain, atau istrinya tidak perawan lagi.

11. Mitos Pamali Makan sebelum orang tua makan
sebenarnya arah mitos ini lebih mengarah kepada tata krama dan sopan santun, yakni mendahulukan orang yang lebih tua untuk makan. karena apabila orang tua makan setelah anak dianggap makan sisa anaknya, hal ini lah yang menarik kesimpulan tentang mitos tersebut agar dipatuhi oleh anak-anak dengan adanya aturan yang jika dilanggar maka rezekinya akan sempit kelak apabila sudah besar.

Leave a Reply