Mitos tentang kuku

Mitos tentang kuku banyak sekali beredar, ini sudah banyak kita gali dari kepercayaan nenek moyang kita. Ada yang terbukti dan ada yang tidak. Namanya juga mitos kebenaranya tidak bisa dipastikan. Akan tetapi mitos tersebut tetaplah di percaya turun temurun, salah satunya adalah mitos tentang kuku.

mitos tentang kuku

Hari baik memotong kuku

Janganlah memotong kuku pada hari Minggu, karena akan mendapat bencana, demikian juga pada hari Senin, karena akan ada orang yang dengki atau irihati, selain itu hari Sabtu juga termasuk hari yang kurang baik untuk memotong kuku karena akan mendatangkan halangan atau rintangan bagi anda.

Disarankan untuk memotong kuku pada hari Selasa karena akan disukai orang banyak. Hari Rabu juga termasuk hari baik karena akan membawa keselamatan dan perlindungan dari Tuhan. Hari baik yang disarankan adalah hari Kamis anda akan mendapat rezeki. Terakhir hari yang disarankan membawa kebaikan adalah hari Jum’at karena akan membuat anda disukai dan dicintai orang.

Pantangan potong kuku malam hari

Memotong kuku di malam hari katanya akan mengakibatkan anggota keluarga meninggal. Benarkah? Salah satu mitos yang tidak asing di telinga kita yaitu larangan dan pantangan memotong kuku di malam hari Mitos ini juga diciptakan karena pada jaman dahulu listrik adalah barang yang langka. Sehingga tidak aman apabila seseorang memotong kuku di malam hari, dengan suasana gelap. Apalagi jaman dulu alat pemotong kuku belum secanggih sekarang, jika yang digunakan adalah gunting, maka jari terancam terpotong. Namanya juga mitos, jadi belum tentu benar. Bisa jadi memang cerita tersebut diada-ada untuk tujuan tertentu, semisal mengingatkan dengan cara yang unik.

Orang tua kita sangat melarang kita memotong kuku pada malam hari,apalagi pada malam jumat , mereka sangat mengaitkan dengan hal-hal ghaib.Orang tua dulu percaya jika kita memotong kuku pada malam hari ,kita akan mendapat kesialan.

Menurut mereka pada malam hari jin-jin suka berkeliaran terutama pada malam jumat yang merupakan malam yang di sakralkan oleh sebagaian masyarakat jawa.Jika kita memotong kuku pada malam hari dan potongan kuku kita di makan oleh jin-jin yang berkeliaran ,maka hidup kita akan sial,hal itulah yang di percayai oleh orang tua kita,yang sudah turun temurun di percayai.

Leave a Reply