mitos tentang larangan duduk

Apabila dikaji sebenarnya mitos ini semacam cerita karangan fiksi untuk membuat aturan agar di ikuti oleh semua orang dengan efek apabila dilanggar dapat mempengaruhi kehidupan nantinya. namun banyak juga mitos yang mengandung sebuah pelajaran dan aturan tata laksana tentang tata krama dan sopan santun dalam bersosial dan bermasyarakat seperti contoh yang akan saya bagikan mengenai mitos tentang larangan duduk.

berdasarkan mitos bahwasannya orang duduk ternyata memiliki aturan yang dikaitkan dengan kebiasaan, firasat dan pengaruh terhadap kehidupan dimasa yang akan datang. maka dari itu banyak orang tua yang mendidik anaknya menggunakan dasar dari istilah mitos yang dipercaya sudah turun-temurun dari para sesepuh terdahulu. hal ini dilakukan agar anak menurut dangan berbagai efek yang menakutkan.

berikut mitos tentang larangan duduk:

1. mitos dilarang duduk di puntu
maksud dari mitos ini bukanlah duduk diatas daun pintu, melainkan duduk di lorong pintu sehingga menghalangi jalan keluar masuk. orang tua biasanya akan mengingatkan anak-anaknya agar tidak duduk di tempat tersebut. dipercaya apabila dilanggar maka kelak rezeki dan jodohnyanya akan susah karena menutupi jalannya rezeki.

2. mitos larangan duduk diatas bantal
jika anda berasal dari jawa tentu pernah mendengar istilah mitos ini. ibu kita paling sering mengingatkan apabila ada anaknya yang duduk diatas bantal karena resikonya akan terkena sakit bisul. meskipun terdengar agak aneh namun banyak orang percaya hal tersebut. apabila dikaji dengan logika sebenarnya mengandung arah kedisiplinan dan kebaikan yakni bahwa bantal yang biasa digunakan untuk meletakan kepala saat tidur apabila diduduki maka tidak etis dan tidak sopan. oleh karena itu istilah bantal disini dikhususkan untuk bantal tidur karena jaman dulu bantal hanya digunakan untuk alas kepala saat tidur, berbeda dengan sekarang yang ada juga jenis bantal kursi/ sofa.

3. mitos larangan duduk kaki naik diatas meja/ jegang
apabila anda sedang duduk kemudian kaki naik diatas meja, rasanya enak dan darah terasa mengalir sempurna. kebasaan ini biasa dilakukan apabila dalam keadaan kecapaian atau kaki pegal-pegal. namun ternyata sewaktu kita masih kecil hal ini sering diajarkan oleh orang tua tentang larangan menaikan kaki diatas meja karena tidak sopan. pernyataan tersebut merupakan mitos yang sudah-turun temurun dan apabila dilanggar maka kelak jika sudah besar tidak akan dihargai oleh orang lain.

4. mitos duduk di meja
sudah ada kursi maka jangn biasakan duduk diatas meja, itulah pesan yang sering disampaikan orang tua kepada anak-anaknya ketika masih kecil, hal ini untuk mendidik agar anaknya bersikap dan bertindak sopan.namun dibalik pesan moral tersebut ternyata mengandung mitos hukum adat yang menyatakan bahwa apabila ada seorang anak yang duduk diatas meja maka kelak hidupnya akan terlilit hutang dan sengsara.

5. mitos larangan duduk di anak tangga
jika anda berada di sebuah tempat yang memiliki anak tangga baik di rumah sendiri atau tempat lain, maka jangan biasakan duduk atau sambil makan di anak tangga. berdasarkan mitos kepercayaan orang bahwa apabila anda sering melakukan kebiasaan tersebut maka kehidupan anda nantinya akan menurun bukan malah menanjak naik menjadi kaya malah akan jatuh miskin dan sengsara.

6. mitos duduk dikursi pelaminan bersama pacar
apabila anda bersama sang pacar datang kesebuah pesta pernikahan, jangan berani-berani duduk di kursi pelaminan. karena mitosnya apabila anda duduk ditempat tersebut yang belum waktunya maka hubungan anda akan putus di tengah jalan dan tidak sampai ke pernikahan.

demikian beberapa kumpulan mitos yang berhubungan dengan perilaku duduk. kepercayaan-kepercayaan terhadap aturan tersebut masih ada hingga sekarang ini. apabila kita tidak sependapat maka cukup ambil pesan moral yang baiknya.

Leave a Reply