mitos tentang larangan menyapu bagi perempuan

Pekerjaan menyapu ternyata tidak sembarangan seperti apa yang telah kita lakukan selama ini. berdasarkan mitos bahwa menyapu lantai memiliki aturan yang tidak boleh dilanggar, karena apabila dilanggar, kelak dikemudian hari akan menerima akibatnya, meskipun tidak berat akan tetapi bisa menjadi penyesalan. oleh karenanya biasanya para orang tua selalu berpesan kepada anak-anaknya terutama anak gadisnya untuk mematuhi aturan mitos tersebut, meski mereka terkadang tidak tahu siapakah yang membuat aturan tersebut namun hal ini sudah menjadi kewajiban turun temurun untuk disampaikan ke anak cucunya. di jawa, mitos memang menjadi pegangan dan amanah yang kuat mengingat sifatnya yang sakral dan mengandung hukum adat yang tidak boleh diindahkan.

mengenai mitos ini, kenapa di khususkan untuk perempuan/ wanita. karena pekerjaan menyapu identik dengan pekerjaan perempuan sehari-hari, meskipun sekarang ini sudah menjadi hal yang biasa pekerjaan menyapu dilakukan oleh orang laki-laki. dan mitos tentang menyapu juga dikhususkan untuk anak gadis (belum menikah) karena hubungan akibatnya nanti akan di terima setelah menikah. oleh karena itu jika anda memiliki anak gadis maka harus memberi pengertian tentang mitos berikut ini, meski ada yang bilang sedikit mengarah kepada kemusrikan, akan tetapi sebagai manusia agar bertirakat dan menghindari hal-hal buruk yang akan terjadi serta menghargai dan menuruti nasehat para orang tua.

Berikut mitos tentang menyapu:

1. anak gadis kalau menyapu harus bersih tidak boleh ada yang tersisa kotorannya
mitos tersebut sering kita dengar ketika orang tua mengingatkan kepada anak gadisnya agar menyapunya yang bersih. meski secara nalar bahwa nasehat orang tua memang benar karena mengajari anak agar teliti dalam menyapu dan tidak asal-asalan sehingga bersih dan tidak ada kotoran atau sampah yang tertinggal. namun berdasarkan mitos jawa bahwa apabila dilanggar seorang gadis dalam menyapu masih berserakan dan meninggalkan sampah maka kelak akan mendapatkan suami yang berbulu sepeti berewok, berjenggot dll.

2. anak gadis tidak boleh menyapu malam hari
mungkin sering kita melihat ada seorang anak yang menyapu rumah atau halaman dimalam hari, mungkin bagi yang tidak mengetahui mitos akan dianggap biasa namun apabila orang tuanya mengetahui petuah orang tua dulu tentu akan dilarang karena berdasarkan mitos bahwa anak yang melanggar menyapu dimalam hari kelak rezekinya akan seret dan gelap, apapun pekerjaannya tidak bisa menyimpan hasilnya. meski secara naluri bahwa menyapu dimalam hari memang tidak bagus karena berdasarkan fakta tubuh menjadi kotor setelah mandi dan juga udara di rumah atau diruangan kembali berdebu dan kotor padahal mau digunakan untuk tidur.

3. menyapu tidak boleh separoh-separoh
pernah anda melihat seseorang yang menyapu separoh-separoh, artinya tidak sampai tuntas. mungkin jika anda pernah melihat juga dianggap biasa, yang dimaksud disini adalah sampah yang terkumpul tidak langsung dibuang melainkan diteruskan besok hari. berdasarkan mitos bahwa apabila anda melakukan hal demikian maka kelak pekerjaan yang anda lakukan tidak mebuahkan hasil, dan bisa dikatakan sia-sia. karena seoperti sampah yang sudah anda kumpulkan dengan sapu tidak segera di buang ketempat sampah melainkan hanya dikumpulkan saja kemudian dibiarkan dan berakibat rejekinya kelak diambil orang. namun apabila dilihat secara nalar bahwa mitos itu mengarah kepada kita untuk melakukan pekerjaan tidak boleh setengah-setengah dan harus dituntaskan, karena apabila sampah tersebut tidak segera dibuang bisa jadi akan berserakan lagi terkena angin dan menjadi pekerjaan yang sia-sia.

4. menyapu tidak boleh sambil makan
mitos berikut ini adalah tentang larangan menyapu sambil makan, bisa diartikan sambil ngemil atau memegang makanan. berdasarkan mitos bahwa jika dilanggar maka kelak akan memiliki suami yang jorok dan keluarganya sering sakit-sakitan. sebenarnya secara fakta bahwa larangan tersebut ada benarnya mengingat pada saat kita menyapu adalah banyak baketri yang menempel dimana-mana maka tidak baik jika dilakukan sambil makan, karena bakteri bisa masuk kemuluit dan membawa penyakit.

5. menyapu tidak boleh sambol ngobrol
larangan menyapu tidak boleh sambil ngobrol juga menjadi mitus yang sering disampaikan orang tua kepada anaknya, apabila dilanggar maka kelak pekerjaannya akan sia-sia tidak mendapatkan hasil. pesan orang tua ini adalah untuk mengingatkan anaknya agar dalam menyapu cepat selesai dan bersih sehingga tidak ada sampah yang berserakan lagi dan cepat mengerjakan pekerjaan yang lain.

demikianlah beberapa kumpulan mitos tentang larangan menyapu yang menjadi aturan turun temurun untuk di ikuti sebagai pesan atau nasehat orang tua terhadap anak. meskipun kadang akibat dari larangan tersebut masih menjadi misteri antar benar atau tidaknya, akan tetapi kita ambil sisi baiknya yakni pesan orang tua agar menyapu kita cepat selesai dan tidak membawa dampak yang jelek setelah melaksanakan pekerjaan tersebut.

Leave a Reply