Penjelasan mitos tidak boleh membuka payung di dalam rumah

Membuka payung dapat mendatangkan kesialan, bahkan kematian bagi orang-orang didalam rumah. Benarkah? kami akan membahasnya dari segi pengetahuan modern atau penjelasan sejarah asal-asul mitos tidak boleh membuka payung di dalam rumah. Konon membuka payung di dalam rumah bisa mengusir energi positif yang ada di dalamnya dan menyebabkan kemalangan menimpa keluarga. Demikianlah banyak versi yang beredar tentang mitos ini.

mitos buka payung dalam rumah sial

Sebenarnya ada sisi baiknya yaitu jika rumah kita sempit, dapat menyenggol barang berharga didalam rumah. Terlebih lagi ujungnya runcing, jika dimainkan anak-anak dapat melukai mereka. Ada beberapa kejadian yang berasal dari payung sehingga bukan hanya orang lain yang terluka, tapi juga pemakainya.

Mitos tentang payung memdatangkan nasib buruk ini tidak saja ada di Indonesia, tapi juga diluar negeri. Termasuk negara-negara eropa yang mempunyai pikiran modern dan maju.

Asal-Usul

Mitos ini berasal dari Mesir Kuno. bangsawan Mesir terlindungi dari sengatan matahari dengan payung yang terbuat dari papirus dan bulu merak. Payung itu dirancang untuk meniru dewi langit. Siapa pun yang membiarkan payung itu jatuh atau mengenai seseorang lainnya, maka mereka dianggap sebagai pembawa nasib sial.

Penjelasan mitos

Mitos tentang tidak boleh membuka payung di dalam rumah ternyata berasal dari abad ke-18. Meskipun modelnya berbeda dengan payung yang kita gunakan sekarang, Namun payung di zaman tersebut sangat sulit dibuka. Jika berada di dekat orang yang akan membuka payung, pada saat itu sangat berbahaya. Terutama bagi orang yang ada berdiri sebelah orang yang membuka payung.

Payung saat itu memang masih tergolong baru, jadi modelnya pun masih kuno dan tidak memiliki desain yang baik. Oleh karena itu ujung-ujung payung yang runcing dapat membahayakan orang disekitar, apalagi didalam rumah yang ada anggota keluarga.

Membuka payung di dalam rumah tentu saja sangat mengganggu. Bayangkan saja jika rumah Anda sempit, maka payung akan membuatnya semakin tampak sempit. Belum lagi jika payungnya sedang basah, ia akan segera mengotori dan membuat payung jadi basah.

Penjelasan lainnya, pada saat seseorang membuka payung di dalam rumah maka Anda akan terlihat konyol dan sedang berbuat sesuatu yang tak berguna. Payung kan fungsinya untuk melindungi tubuh dari sinar matahari atau hujan. Sedangkan dirumah tidak ada sinar mataharinya sama sekali. Jika saat membuka payung di dalam rumah tiba-tiba ada sanak saudara yang meninggal, maka kami pastikan hal itu adalah kebetulan saja.

Leave a Reply