pengertian weton dan asal usulnya

jika anda orang jawa tentu sudah terbiasa mendengar istilah weton, namun jika anda bukan orang jawa tentu kata weton menjadi sesuatu yang asing. kali ini sandekala.com akan mengupas tentang pengertian weton serta asal usulnya.

weton adalah sebuah istilah untuk memberikan tanda kelahiran seseorang manusia di muka bumi, yang di gunakan oleh suku jawa, suku bali, suku sunda dan suku madura. weton terdiri dari nama hari dan nama pasaran jawa. seperti hari 7 yaitu senin, selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu dan minggu. sedangkan pasaran ada 5 yang terdiri dari pahing, pon wage , kliwon , legi. setiap orang akan berlainan wetonnya, namun tidak menutup kemungkinan juga sama. siklus weton berputar keasalnya setelah 35 kali. artinya dari weton pertama kembali berputar setelah melewati 34 hari dan pasaran yang berbeda.

apabila sekarang ini orang lebih mengenal hari, tanggal dan tahun kelahiran. maka orang dahulu lebih utama mengingat weton kelahirannya, karena kegunaan weton sendiri sangat banyak yaitu untuk berbagai pedoman hitungan dan ramalan kehidupannya kedepan. seperti hitungan untuk perjodohan, hitungan mencari rezeki, hitungan selamatan dll.

contoh, si Bejo memiliki weton selasa kliwon. berarti bejo di lahirkan pada hari selasa dan pasaran kliwon. orang-orang jaman dahulu sangat merahasiakan wetonnya sendiri, karena berdasarkan weton bisa digunakan untuk berbagai kejahatan seperti pelet, pengasihan, teluh, santet, artinya menurut kepercayaan orang dahulu jika weton anda diketahui orang, bisa disalahgunakan untuk melukai atau menyakiti anda. namun seiring perjalanan dan perkembangan zaman, istilah tersebut sudah tidak di perdulikan lagi, bahkan sekarang weton seseorang bisa di ketahui dengan menggunakan rumus mencari weton, asalkan tahu tanggal lahirnya.

sedangkan asal usul weton sendiri, berasal dari tanah jawa pada jaman dahulu kala. weton pada masa itu digunakan oleh agama hindu pada masa kerajaan, sebagai pengingat tentang kelahiran seseorang. yang dipercaya mampu memberikan gambaran tentang ramalan watak dan sifat seseorang serta sebagai dasar untuk menentukan nasib di kemudian hari, dengan melihat hari baik dan hari naasnya. perhitungan weton ini kemudian ditulis dalam sebuah buku yang disebut primbon.

apakah weton hanya bisa digunakan oleh orang jawa saja? jawabannya tidak, weton dapat digunakan oleh semua orang, seluruh manusia berbagai suku di indonesia bahkan orang asing sekalipun. hanya karena pengetahuan weton berasal dari jawa maka yang kental dengan istilah weton ini adalah orang jawa. namun pada dasarnya weton adalah tanda kelahiran yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti ramalan atau petunjuk menghadapi kehidupan di kemudian hari.

lalu bagai mana mengetahui weton kelahiran, jika bukan orang jawa. caranya cukup sederhana yaitu tinggal mengetahui hari, tanggal dan tahun kelahiran, lalu di masukan kedalam rumus mencari weton kelahiran. setelah anda mendapatkan weton kelahiran anda maka di ingat baik-baik. karena bisa digunakan untuk meramal masa depan, melihat pekerjaan yang cocok, mengetahui hari keberuntungan dan hari sial, kecocokan dalam mencari jodoh dll.

demikian pengertian tentang weton dan asal usulnya, semoga bermanfaat. sebagai gambaran maupun pengetahuan tentang nilai-nilai budaya dan sejarah pada jaman dahulu, yang tidak ada salahnya jika di pelajari dan di ketahui.

Leave a Reply