rumus mencari hari lahir

jika anda lupa tentang hari lahir anda maka telah saya sediakan rumus mencari hari lahir. hari lahir bisa juga dikatakan weton namun, dalam weton ada pasaran jawa, oleh karena itu jika anda ingin mengetahui weton kelahiran anda cukup mengingat tanggal lahirnya.

mengetahui weton kelahiran memang sangat penting, apalagi hal tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti acara selamatan, hitungan perjodohan, ramalan sifat dan watak dan juga ketika anda meninggal weton akan di catat dalam batu nisan.

dalam rumus mencari hari lahir diperlukan 2 tabel, namun jika anda ingin mencari weton kelahiran, yakni dengan pasarannya maka diperlukan 4 tabel. saya akan memberikan dengan jelas sehingga anda bisa memahami dan bisa mencari weton orang lain yang ingin bertanya kepada anda. meskipun sebenarnya banyak situs yang membuat kalkulator mencari weton, namun hal itu hanyalah instan, kita tidak tahu cara asal usulnya dalam mencari weton kelahiran tersebut.

berikut adalah 4 tabel yang saya siapkan untuk mencari hari dan pasaran kelahiran, sebelum masuk ke pokok pembahsasan saya tegaskan sekali lagi bahwa, untuk mencari hari dan pasaran kelahiran ini atau yang disebut weton itu harus mengetahui tanggal bulan dan tahun kelahiran. karena itu adalah kunci guna masuk kedalam rumus weton ini.

untuk lebih mudah di pahami saya akan mebuat contoh langsung:

seumpamanya pak eko mau membuat acara syukuran di rumahnya, kemudian pak eko ditanya oleh pak ustadz mengenai weton kelahirannya. karena pak eko tidak tahu maka pak eko bingung. yang diingat hanyalah tanggal lahir yang tercatat di KTP pak eko. untuk itu jika pak eko ingin mengetahui hari lahir dan pasarannya maka cukup dengan mengetahui tanggal lahir lahir yang ada di KTP atau Akte kelahiran. contoh pak eko lahir tanggal 14 bulan maret tahun 1982.

1. yang pertama adalah mencari hari lahir
– langakah pertama kita mencari hari lahir terlebih dahulu menggunakan tabel dibawah ini, caranya bulan dan tahun kelahirkan di tarik secara vertikal dan horisontal hingga menemukan angka pada kolom angka. april 1982 jika kita pertemukan dengan garis maka akan kita dapatkan angka 1.

– langkah kedua adalah menjumlahkan hasil dari tebel diatas dengan tanggal lahirnya. yaitu 1 + 14 hasilnya adalah 15. selanjutnya kita cocokan pada tabel dibawah ini angka 15 sejajar dengan hari apa? menurut tabel dibawah bahwa angka 15 berada pada hari MINGGU, itu tandanya pak eko lahir tanggal 14 maret 1982 adalah hari MINGGU kala itu.

2. yang kedua adalah mencari pasaran kelahiran agar bisa ketemu wetonnya
– caranya hampir sama dengan tabel nomor satu diatas mencari hari lahir berdasarkan tanggal lahir. cari tahun dan bulannya kemudian tarik vertikal dan horisontal hingga membentuk sudut 90 derajat. maka akan ketemu angka 2.

– kemudian jika kita sudah mendapatkan hasil yaitu angka 2, maka kita tinggal mencocokan dengan tabel mencari pasaran dibawah ini. caranya angka 2 dijumlahkan dengan tanggal lahir anda yakni 14 + 2 =16. angka 16 lihat pada tabel sejajar dengan pasaran apa? WAGE jadi berdasarkan tanggal lahir 14 april 1982 memiliki pasaran WAGE.

jadi weton pak eko adalah minggu wage, dengan tanggal lahir 14 april 1982. karena tidak mungkin pak eko akan mencari kalender tahun 1982. oleh karena itu cara paling mudah untuk mencari hari kelahiran adalah dengan rumus ini. demikian penjelasan saya semoga bermanfaat.

Leave a Reply