3 Jenis Santet Suku Gayo Aceh

Santet sihir adalah perbuatan gaib yang dilakukan dengan pesona guna- guna, mantera, jimat, dan mengikut sertakan syaitan. Yang dapat memberikan pengaruh terhadap badan yang disihir, atau hatinya, akalnya, tanpa harus menyentuhnya. Sihir juga dapat menyebabkan kematian, sakit, seorang suami tidak bisa mengauli istrinya, perceraian antara suami dan istri, menimbulkan kebencian, atau rasa cinta diantara dua insan.

Suku Gayo adalah sebuah suku bangsa yang mendiami dataran tinggi Gayo di Provinsi Aceh bagian tengah. Berdasarkan sensus 2010 jumlah suku Gayo yang mendiami provinsi Aceh mencapai 336.856 jiwa. Wilayah tradisional suku Gayo meliputi kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah dan Gayo Lues. Selain itu suku Gayo juga mendiami sebagian wilayah di Aceh Tenggara, Aceh Tamiang, dan Aceh Timur. Suku Gayo beragama Islam dan mereka dikenal taat dalam agamanya dan mereka menggunakan Bahasa Gayo dalam percakapan sehari-hari mereka.

Dalam masyarakat Gayo istilah santet lebih populer dengan sebutan Tube atau Jung, yang sering digunakan masyarakat Gayo untuk melukai orang disebabkan karena iri hati, dendam. Istilah Tube berbeda dengan jung, Tube diberikan kepada orang yang akan menjadi korbannya melalui makanan dan minuman. Sedangkan Jung ada dua yaitu gayong api dan gayong angin, biasanya dilakukan dengan cara salaman, menepuk bahu, dan memandangi korban.

Macam-Macam Santet Suku Gayo

santet suku gayo aceh

Perbuatan santet mempunyai jenis atau macamnya, sehingga di dalam perbuatan santet tersebut tidak hanya berfokus kepada satu perbuatan saja. Setiap daerah yang mengenal dunia hitam seperti halnya persantetan, mempunyai caranya masing-masing dalam mengenai korbannya, tidak terkecuali dalam masyarakat Gayo. Adapun macam-macam perbuatan santet tersebut adalah:

1. Jong (teluh)

Jong (teluh) penyakit ini sangat berbahaya karena korban bisa langsung mati kalau tidak cepat diobati, adapun gejala penyakit jong adalah:

1. Korban muntah darah
2. Badan panas tidak bisa tertahan
3. Dada terasa sakit
4. Seluruh tubuh terasa sakit
5. Tulang terasa semua mau patah

2. Gayong

Gayong gejalanya adalah badan terasa panas, dada memar atau biru-biru, sesak, mual-mual dan muntah, bahkan korban tidak bisa buang air besar.

3. Tube (racun)

Tube (racun) yaitu melalu makanan dan minuman, gejalanya adalah korbannya batuk berdarah, dan tidak bisa bicara, gatal-gatal dan lain-lain sebagainya.

Leave a Reply