sebab datangnya sakit dan obatnya

pada jaman dahulu sebelum ada para medis, para sesepuh membuat primbon tentang penyakit. primbon ini diharapkan bisa digunakan sebagai penolong untuk menuntun mereka yang sedang menderita sakit agar mengetahui obatnya. untuk mencari obat/ tamba istilah jawa, maka harus di ketahui dulu asal usulnya penyakit tersebut, agar tidak salah obat.

kepercayaan tentang alamat datangnya sakit ini di yakini hingga sekarang, turun temurun dari generasi kegenerasi sebagai warisan nenek moyang untuk di ketahui oleh sanak – sanaknya. meskipun sekarang terdengar tidak masuk akal, namun primbon jawa tentang penyakit ini dianggap ampuh karena sudah terbukti turun temurun.

apabila di masa modern sekarang ini anda menggunakan pedoman tentang petunjuk sebab muasalnya penyakit untuk mencari obatnya maka, tidak ada salahnya. karena semua usaha untuk menyembuhkan orang akan dilakukan apabila yang sakit tidak kunjung sembuh, meskipun sudah di obati secara medis. anda juga bisa menolong orang lain apabila petunjuk primbon ini sudah terbukti pada anda atau keluarga anda.

sebab/ alamat datangnya penyakit beserta penolaknya/ tamba/ obat. untuk mengetahui dari mana asal penyakit yang di derita tersebut, caranya harus mengetahui neptu hari dan pasaran jawa ketika datangnya penyakit tersebut yang menyerang tubuh anda atau orang lain. hasil dari neptu tadi kemudian dikurangi lima, lima apabila sisa maka dapat di cocokan dengan firasat yang tertera dibawaah ini:

1.Sabda
Penyakit yang di akibatkan dari pembicaraannya sendiri, penolaknya adalah selamatan : bubur merah (beras merah), bubur putih, bubur merah campur putih, segala macam jajanan pasar dan nasi sayur. Dibuat untuk kepungan (dimakan bersama keluarga).

2.Guna
Penyakit yang di akibatkan oleh guna – guna orang, di santet atau di teluh oleh orang yang tidak suka dengan kita. tambanya bubur merah, bubur putih, dan bubur pliringan (bubur putih yang atasnya di taruh bubur merah tetepi di buat silang). Cara ritualnya di buang ke sungai yang mengalir,j ika ada air terjun lebih bagus.

3.Tirta
Penyakit yang di akibatkan oleh air atau angin (bakteri atau penyakit medis), penyembuhnya adalah bubur merah, bubur pliringan, bubur hitam (ketan hitam), dawet hitam (cendol) dan opak angin. Cara ritualnya, bubur dan dawet di kubur dalam tanah.

4.Wana
Penyakit yang di akibatkan oleh mahluk halus/ bangsa lelembut, untuk menolaknya adalah bubur merah, bubur putih, bubur pliringan, dedak halus/ katul. Cara ritualnya di campur menjadi satu dan di taruh di setiap pojokan rumah.

5.Lepas
Penyakit yang sumbernya dari Allah, tulaknya adalah memasrahkan diri kepada sang pencipta dan perbanyak istigfar. Memohon ampun kepada kedua orang tua, jika sudah meninggal berziarahlah ke makamnya. Meminta maaf terhadap orang yang pernah kita sakitinya. Kemudian sholat malam, setelah sholat menyiapkan air putih, air susu atau air kelapa muda hijau. Berdoalah minta kesembuhan lalu minum air tersebut, dalam setiap tegukan membaca basmallah.

segala sesuatu kalau di yakini maka akan menghasilkan kebaikan, semoga petunjuk diatas dapat membantu anda atau orang di sekitar anda.

Leave a Reply