tips meyakinkan orang yang tidak mau percaya

sering kali kita dalam posisi tersebut, yakni ketika kita mengungkapkan segala nya dengan kejujuran dan fakta yang terjadi, namun orang lain tidak mau percaya. al hasil kita merasa kecewa dan sakit hati, karena sudah tidak di percaya lagi.

sebenarnya permasalahan tersebut terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah karena anda pernah membohongi orang tersebut atau karena memang anda tidak di sukai oleh orang tersebut, sehingga apapun alasan anda akan dianggap bualan kosong semata. terlebih lagi saat anda berdebat dengan orang lain, meskipun anda benar, tapi yang di dengar adalah alasan orang lain.

kali ini saya akan memberikan tips untuk meyakinkan orang yang tidak mau percaya, sehingga dapat mempercayai anda. disini anda tidak perlu berusaha sampai ngotot untuk meyakinkan karena hal tersebut akan sia-sia. permasalahannya adalah bukan karena bagaimana cara anda menyapaikan aspirasi atau alasan, melainkan memeang orang tersebut sudah tidak menyukai argumen anda.

oleh karena itu cara yang baik untuk meyakinkan adalah bukan dengan cara menggebu – gebu melainkan ikuti tips saya berikut ini :

1. sampaikan apa yang anda dengar, lihat dan lakukan secara lisan dengan lancar
2. kurangi pernyataan menyangkal ketika orang lain memotong pembicaraan anda
3. tetap fokus terhadap argumen yang anda sampaikan, jangan terpancing emosi ketika orang lain membantah pernyataan anda
4. di akhir pembicaraan ada sampaikan ” demikian apa yang dapat saya sampaikan sesuai fakta yang ada, selebihnya saya serahkan ke kalian semua untuk percaya atau tidak”.
5. jika ada yang bertanya lagi tentang kejelasan pernyataan anda, maka sampaikan seperti apa isi pernyataan tadi, tidak usah di lebihkan atau dikurangkan.
6. yang terpenting pada saat menyampaikan, pahami orang-orang sekeliling anda, siapa saja yang menurut anda akan menjadi lawan bicara atau menentang pernyataan anda. maka sesekali pandanglah mata dia dan mulutnya. hal ini untuk memudarkan pikirannya.

semoga bermanfaat.

Leave a Reply